Screen Protector Gadget

Fitur layar Sony Xperia Z1 Compact yang anti gores, anti pecah, dan tahan debu masih terasa kurang karena setiap membeli gadget penjualnya selalu menawari tambahan screen protector. Alasannya karena dengan memasang screen protector, bila ponsel jatuh yang rusak lebih dulu bemper/screen protector, jika dijual kembali nampak seperti baru, dan menghindari kotoran menempel. Fitur layar bawaan Sony Xperia Z1 Compact yang sudah baik akan kurang optimal fungsi layarnnya jika dipasangi screen protector tipe generik yang kualitasnya lebih rendah.

Pada awal Sony Xperia Z1 Compact beredar, screen protector yang tersedia di pasaran adalah jenis generik yang berbahan plastik atau film yang berharga lebih murah. Ketika dipasang pada ponsel akan mengurangi sensitifitas layar sentuh, kecerahan layar, bahkan mengurangi kualitas foto akibat desain yang mengganggu fungsi lampu flash.

Nah pada artikel ini kami berbagi pengalaman menggunakan screen protector berbahan kaca, tempered glass. Kaca tempered adalah kaca yang proses pembuatannya dengan cara memanaskan kaca hingga mencapai temperatur sangat tinggi kemudian didinginkan mendadak dengan menyemprotkan udara secara merata pada permukaan kaca. Hasilnya kaca yang sangat keras dan kuat terhadap tekanan serta tahan terhadap goresan.

Namun jenis kaca tempered glass ini pada tekanan tertentu bisa pecah berkeping-keping sangat kecil. Jika pecah akibat tekanan pada bagian tertentu dapat merembet ke seluruh permukaan yang lain. Pada kaca jendela mobil menggunakan jenis kaca tempered glass. Dengan demikian jenis bahan ini tidak dapat digunting atau dilubangi seperti screen protector berbahan film atau plastik.

Setelah mencoba screen protector tipe generik berbahan film dan plastik selama beberapa minggu kemudian kami tertarik dengan tempered glass buatan Nillkin. Tipe Nillkin untuk Sony Xperia Z1 Compact yang fiturnya anti-explosion, anti-scratch, anti-glare, anti-fingerprint, dengan ketebalan 0.3 mm. Review atau demo Youtube Nillkin Amazing H+ Tempered Glass Protector, dan Nillkin Amazing H+ Glass Protector Review and Scratch test on Sony Xperia Z1.

Kualitas secara umum sama dengan kualitas layar bawaan dari Sony Xperia Z1 Compact, anti gores, anti-debu, anti-minyak, bekas sentuhan jari yang kotor tidak menempel, dan layar jernih, serta sangat nyaman disentuh dan tidak mempengaruhi sensitivitas layar maupun kecerahan layar. Tidak seperti screen protector berbahan film atau plastik, Nillkin menempatkan lubang pada bagian sensor layar namun tidak ada lubang di bagian kamera depan. Karena berbahan kaca bening, fungsi kamera depan tidak terganggu meskipun tidak berlubang. Secara umum pengalaman menggunakan Nillkin screen protector tempered glass anti-explosion sangat memuaskan.

Pada bagian belakang body ponsel (back cover film) terdapat lubang pada bagian kamera belakang dan lubang lampu flash. Dengan demikian kamera belakang maupun lampu flash tetap berfungsi sempurna. Tingkat kekerasan tempered glass Nillkin level 9 (9H) dibanding jenis film yang pada umumnya 2-3H.

Screen protector Nillkin melekat sangat kuat ketika dipasang pada layar, meskipun tanpa menekan layar akan menempel dengan sendirinya. Dengan demikian pastikan pemasangan sekali jadi jangan dicabut lagi. Berdasarkan demo Youtube How to remove your Sony Xperia Z1 Nillkin, logo Sony pada layar akan lepas jika melepas screen protector. Detil Nillkin for Sony Xperia Z1 Compact dari situs resminya.

NILLKIN-D5503

Dalam kotak paket penjualan Nillkin terdapat pelindung layar depan dan body ponsel bagian belakang, tisu kering, tisu basah, selotif biru pengangkat debu, dan lap pembersih. Pemasangan lebih mudah dan lebih cepat menempel dibanding pemasangan screen protector jenis bahan film atau plastik.

Cara memasang Nillkin screen protector:

  1. Pastikan permukaan layar dan bagian belakang ponsel dalam keadaan bersih. Jika masih terdapat debu atau kotoran yang menempel, bersihkan dengan minyak kayu putih atau dengan air sabun. Bilas dengan air bersih sampai bersih, jika rusak akibat dibilas sampaikan keluhan ke Sony Service Center terdekat karena dijamin tahan direndam air;
  2. Gunakan tisu basah dan kering untuk membersihkan permukaan yang akan dipasangi Nillkin screen protector;
  3. Tempelkan selotif biru (blue electrostatic dust film) berulang kali untuk mengangkat debu atau benda lain yang menempel di layar hingga bersih;
  4. Buka film pelindung tempered glass lalu tempelkan ke layar bagian yang sebelumnya dilindungi film. Pastikan screen protector menempel dengan tepat, presisi karena akan melekat kuat jika ditarik kembali mungkin saja akan rusak;
  5. Berikan tekanan dengan jempol tangan pada bagian screen protector yang belum melekat kuat atau ada gelembung udara. Selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *