AITMO 2013

Tahun 2003 para pakar metematika di antaranya dari China, Filipina, Hongkong, dan Taiwan bergabung untuk membuat kontes matematika internasional. Tujuannya memberi kesempatan kepada para remaja setingkat SMP (teenagers) di Asia untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang matematika dan mempromosikan persahabatan di antara mereka. Para pakar tersebut yaitu mantan pembina tim IMO Mr. Qiu Zonghu, Mr. Li Xun kepala sekolah Fuzhou No.1 Middle School, Dr. Simon L. Chua, president of Mathematics Trainers’ Guild, Philippines, dan Madam Pinky Leung ketua The Hong-Kong Math Olympiad School serta Mr. Sun Wen-hsien Direktur Eksekutif Taiwan’s Chiu Chang Mathematics Education Foundation. Kontes matematika tersebut dinamai Asia Inter-Cities Teenagers Mathematics Olympiad (AITMO). AITMO diselenggarakan di negara berbeda setiap dua tahun sekali bergiliran.

AITMO pertama kali diselenggarakan bulan Agustus tahun 2003 di Fuzhou China. Sayangnya negara peserta AITMO 2003 sedikit karena pada tahun tersebut di negara China ada isu sindrom penafasan akut berat atau Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) sehingga beberapa negara membatalkan keikutsertaannya.

AITMO tahun 2005 diselenggarakan bulan Mei di kota Tagbilaran Filipina dengan 124 peserta dari enam negara. Pada bulan yang sama di Filipina diadakan lomba Philippine Elementary Mathematics International Contest (PEMIC).

Tahun 2007 AITMO diselenggarakan bulan Juli Hong Kong sebagai tuan rumah yang diselenggarakan bersamaan Hong Kong Elementary Mathematics International Contest (HKEMIC). Peserta terdiri dari 36 tim yang berasal dari 10 negara. Negara pesertanya Afrika Selatan, Bulgaria, China, Cyprus, Filipina, India, Malaysia, Taiwan, Thailand, dan Hong Kong.

Tahun 2009 AITMO diselengggarakan di Filipina yang digabung dengan Elementary  Mathematics International Contest. Peserta lebih dari dari 20 di antaranya Afrika Selatan, Albania, Brazil, Bulgaria, China, Cyprus, Filipina, Hong Kong, India, Indonesia, Iran, Korea, Malaysia, Mongolia, Nigeria, Rumania, Rusia, Singapura, Vietnam, Taiwan, dan Thailand. Indonesia mengirimkan tim diwakili oleh tim dari Kemdiknas dan meraih beberapa medali.

Tahun 2011 AITMO diselengggarakan bulan Nopember di Kathmandu Nepal. Pada lomba ini Indonesia mendapatkan 4 medali Perak dan 2 medali perunggu yang diwakili oleh tim dari Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Bogor.

Tahun 2013 AITMO akan diselenggarakan di Bogor tanggal 27-31 Desember. Jumlah peserta ditargetkan 500 peserta dari 25 negara, tidak hanya dari benua Asia tetapi Afrika, Amerika, dan Eropa. Penyelenggara kegiatan AITMO 2013 adalah KPM Bogor atas penunjukan Sekjen AITMO DR Simon L Chua tahun 2011 lalu saat AITMO di Nepal.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *