Pemindai Situs Web Online

Situs web dan blog perlu dipindai (scan) untuk mengetahui apakah kode-kode di dalam situs berpeluang dapat menginfeksi komputer pengunjung. Keuntungan bagi bagi pemilik situs web apabila situsnya bersih akan menambah jumlah kunjungan, menghindari blacklist domain, menambah reputasi, dan sekaligus untuk mendeteksi injeksi kode-kode berbahaya dari pihak lain. Sedangkan bagi pengunjung apabila mengunjungi situs yang bersih akan aman dari injeksi kode berbahaya secara tersembunyi, terkait kegiatan penipuan, backdoors, spam, dan lain-lain.

Antivirus terkenal yang terpasang pada komputer sudah terintegrasi dengan browser dan memberi peringatan ketika browser mengunjungi situs yang diduga mengandung virus, malware, dan spyware. Selain itu browser yang terpasang pada komputer dapat diatur dan diintegrasikan pula dengan layanan perusahaan antivirus agar memberi peringatan jika situs-situs berbahaya akan dikunjungi.

Pengelola situs atau Blog dapat memanfaatkan banyak sekali layanan gratis pemindai online di antaranya; Sucuri SiteCheck, ScanURL net, dan URLVoid.com. Meskipun dipindai sekali dengan Sucuri atau URLvoid tetapi telah mencakup pemindaian dari banyak layanan pemindai antivirus terkenal. Hasil pemindaian dapat diketahui dalam waktu satu menit dan dirinci URL Scanner serta hasilnya.

Berikut ini screenshot Sucuri SiteCheck blog ini:Sucuri-SiteCheck-Isnan

Laporan web site yang dipindai, status bersih, dan tidak di-blacklist. Sucuri SiteCheck sekaligus dapat memberi deteksi celah dengan melihat tab website details. Jika versi WordPress ingin disembunyikan dapat ditambahkan kode ke dalam file funtions.php direktori themes.

Tampilan versi pada Sucuri SiteCheck tidak akan akurat setelah ditambahkan kode PHP di atas. Apabila pada peringatan dapat ditambahkan kode PHP pada baris paling atas pada file PHP untuk menyembunyikan pesan error yang memberikan pesan alamat lengkap direktori. Pesan kesalahan, “WordPress internal path: /home/user/xxx/index.php”. Pada index.php ditambahkan kode di antara tanda kutip berikut “<?php ini_set(‘display_errors’, 0); ?>”.

Sedangkan potongan (crop) tampilan blacklist status menurut URLvoid di bawah ini.

urlvoid-isnan

Blog ini tidak termasuk dalam blacklist. Bagaimana dengan blog Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *