Soal-soal Olimpiade Sains Kuark

Jumlah siswa yang mengikuti kompetisi Olimpiade Sains Kuark (OSK) senantiasa meningkat dari tahun ke tahun. Tahun 2013 merupakan OSK tahun ke-7 yang diikuti oleh siswa Sekolah Dasar (SD) dari seluruh pelosok nusantara yang syaratnya tidak terkait dengan prestasi akademik di sekolah. Siapa saja siswa SD boleh ikut OSK karena tidak menyaratkan menjadi pelanggan majalah komik kuark.

Peserta OSK dibagi menjadi tiga kelompok level yaitu level 1 (kelas 1-2), level 2 (kelas 3-4), dan level 3 (kelas 5-6). Lomba dibagi menjadi tiga tahap, yaitu babak penyisihan 23 Pebruari 2013, babak semifinal 27 April, dan babak final 29 Juni. Babak penyisihan dan semifinal berupa tes tertulis menggunakan LJK di kota/kabupaten masing-masing. Babak final berupa tes tertulis menggunakan LJK, essay, dan eksperimen di Jakarta.

Penyelenggara OSK adalah PT. Kuark International yang merupakan penerbit majalah Komik Sains Kuark. Materi OSK berasal dari majalah bulanan komik kuark pada tahun yang bersangkutan. Pada babak penyisihan OSK 2013 materi berasal dari edisi 1-7 tahun VIII 2013, sedangkan babak semifinal ditambahi edisi 8 dan begitu seterusnya edisi 9-12 hingga final bulan Juni.

Nah, mungkin saja peserta yang tidak berlangganan majalah Komik Kuark dan ingin mengetahui gambaran soal-soal latihan OSK dapat lihat atau unduh pada artikel ini. Sumber dokumen artikel ini saya lupa, tapi ingat saya dari internet yang sekarang tidak dapat ditemukan URL-nya. Hak cipta dokumen milik PT. Kuark International. Saya kira PT. Kuark International tidak keberatan jika dokumen ini dibagi karena hanya sekedar untuk latihan dan merangsang lebih banyak lagi siswa yang akan ikut OSK atau menjadi pelanggan baru majalah Komik Kuark.

Daftar Nama Pemenang Olimpiade Sains Kuark yang Ikuti Babak Semifinal tahun 2013.

Silakan unduh link di bawah ini.

Soal-soal OSK Latihan Level 1

Soal-soal OSK Latihan Level 2

Soal-soal OSK Latihan Level 3

Soal-soal OSK Penyisihan Level 2 tahun 2013

Soal-soal OSK Semifinal Level 2 tahun 2013

4 thoughts on “Soal-soal Olimpiade Sains Kuark

  1. sumardika

    Terima kasih atas link latihan soal-soal OSK. Kebetulan anak kami dan beberapa temannya ada yang lolos ke babak semifinal.

    My answer:"Sama-sama. Semoga bermanfaat bagi masa depan anak-anak dan masa depan bangsa"

    Reply
  2. maria serviana

    tolong kunci jawaban olimpiade sains kuark level 2 babak penyisihan tahun 2013.

    My answer:Kuncinya belum ditemukan :D AFAIK. Dari diskusi dgn guru yg mengajari Sains tingkat Olimpiade, transparansi OSK belum baik. Sehingga tidak dapat digunakan sbg tolok ukur bahwa finalis adalah yg terbaik nilainya. Kunci jawaban soal-2 Olimpiade Sains Kuark penyisihan hingga final TIDAK AKAN PERNAH diberikan karena peserta yg berhak masuk final adalah hak panitia berdasarkan kriteria mereka yg tidak bisa diganggu gugat. Berbeda dengan olimpiade tingkat internasional yg jawaban dan lembar jawaban peserta juga diberikan sehingga mereka tahu nilainya.

    Kalau belajar sains jangan semata-mata ingin masuk final atau juara olimpiade. Salah satu manfaat OSK meskipun belum transparan penilaiannya adalah memacu semangat belajar anak-2 dari berbagai pelosok, nusantara, bahwa mereka bisa.
    Dari segi bisnis Majalah Kuark, jika para finalis diberi kuota dari setiap daerah sangatlah bagus. Karena akan memicu di daerah setempat (Promosi), bahwa siapapun bisa juara dan berlangganan Majalah. Akan tetapi jika berdasarkan nilai tertinggi maka peluang anak-2 di kota besar saja yg akan masuk final, padahal penetrasi pelanggan Majalah di kota besar sudah jenuh. Mari kita lihat apakah cara tidak transparan ini di masa depan akan dapat membesarkan OSK atau akan mengurangi karena kepercayaan atas kejujuran atas penilaian dari peserta menurun. Ilmu identik dengan kejujuran.

    Perkembangan terbaru yg saya ketahui ada guru di Surabaya yg membimbing sains dan anak-anak didik mereka (banyak sekali) yg benar menjawab soal-2 semifinal OSK, diketahui pada saat pembahasan soal dan jawaban anak-2 yg dicoret pada soal, tapi tidak masuk final. Ketika minta jawaban ke panitia OSK Pusat tidak diberikan. Padahal guru tersebut perlu pertanggungjawaban terhadap anak didik dan orang tua bahwa ilmu yg mereka ajarkan adalah BENAR. Cara OSK yg tidak transparan sangat tidak memuaskan guru dan siswa tersebut. Entah bagaimana kelanjutan di masa depan...

    Saya mengomentari guru tersebut, "OSK adalah permainan dan bisnis".

    Reply
    1. efri deplin

      setuju sekali, saya penasaran sangat! sama yang namanya penilaian pemenang osk, finalis. tapi karena tahun ini saya bergerak dari awal, jadi saya juga mengiyakan keputusan pemenang bagi anak didik saya di sekolah, walaupun tidak ada kunci jawaban pasti dari pusat penyelenggara, tapi kita kan bisa mengkoreksi juga hee

      Reply
  3. silman

    maaf mas, mengapa linkx ga bisa dibuka udah ruask katax,, bisa dikirim ga contoh-contoh soal olimpiade kuark tuk semua level ke email saya,.. terimakasih sebelumnya,..

    My answer: Masa sih gak bisa. Saya coba masih bisa tuh. Klik Soal-solal latihan lalu Click here to download your attachment, maka akan menuju laman Google.
    Cek kembali koneksi internet Anda. File-filenya saya titipkan di server Google yang reputasi dan kecepatannya Wooow.

    Reply

Tinggalkan Komentar

Alamat email tak dipublikasi. Panjang komentar 100-600 karakter. Wajib diis! *

4 + 8 =   <= Wajib jawab kuis, sebelum...