Soal-soal Olimpiade Sains Kuark

Jumlah siswa yang mengikuti kompetisi Olimpiade Sains Kuark (OSK) senantiasa meningkat dari tahun ke tahun. Tahun 2013 merupakan OSK tahun ke-7 yang diikuti oleh siswa Sekolah Dasar (SD) dari seluruh pelosok nusantara yang syaratnya tidak terkait dengan prestasi akademik di sekolah. Siapa saja siswa SD boleh ikut OSK karena tidak menyaratkan menjadi pelanggan majalah komik kuark.

Peserta OSK dibagi menjadi tiga kelompok level yaitu level 1 (kelas 1-2), level 2 (kelas 3-4), dan level 3 (kelas 5-6). Lomba dibagi menjadi tiga tahap, yaitu babak penyisihan 23 Pebruari 2013, babak semifinal 27 April, dan babak final 29 Juni. Babak penyisihan dan semifinal berupa tes tertulis menggunakan LJK di kota/kabupaten masing-masing. Babak final berupa tes tertulis menggunakan LJK, essay, dan eksperimen di Jakarta.

Penyelenggara OSK adalah PT. Kuark International yang merupakan penerbit majalah Komik Sains Kuark. Materi OSK berasal dari majalah bulanan komik kuark pada tahun yang bersangkutan. Pada babak penyisihan OSK 2013 materi berasal dari edisi 1-7 tahun VIII 2013, sedangkan babak semifinal ditambahi edisi 8 dan begitu seterusnya edisi 9-12 hingga final bulan Juni.

Nah, mungkin saja peserta yang tidak berlangganan majalah Komik Kuark dan ingin mengetahui gambaran soal-soal latihan OSK dapat lihat atau unduh pada artikel ini. Sumber dokumen artikel ini saya lupa, tapi ingat saya dari internet yang sekarang tidak dapat ditemukan URL-nya. Hak cipta dokumen milik PT. Kuark International. Saya kira PT. Kuark International tidak keberatan jika dokumen ini dibagi karena hanya sekedar untuk latihan dan merangsang lebih banyak lagi siswa yang akan ikut OSK atau menjadi pelanggan baru majalah Komik Kuark.

Daftar Nama Pemenang Olimpiade Sains Kuark yang Ikuti Babak Semifinal tahun 2013.

Silakan unduh link di bawah ini.

Soal-soal OSK Latihan Level 1

Soal-soal OSK Latihan Level 2

Soal-soal OSK Latihan Level 3

Soal-soal OSK Penyisihan Level 2 tahun 2013

Soal-soal OSK Semifinal Level 2 tahun 2013

5 gagasan untuk “Soal-soal Olimpiade Sains Kuark

  1. Janis Siahaan david manatap

    Saya senang atas kehadiran OSK di methodist Siantar Apalagi guru kami Kelas IV-A sangat mendidik kami untuk berhasil doakan kami agar menang dan membawa nama Methodist Harum Diseluruh negara

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *