Instant WordPress Portable

Instant WordPress adalah portabel WordPress berbasis Windows yang cocok untuk model pengembangan situs web yang fitur pada versi Instant WordPress 4.3 berisi WordPress 3.4.2, Apache 2.2.15 (Win32), PHP 5.3.2, MySQL 5.1.46-community-nt, dan dummy WordPress. Sifatnya yang portable aplikasi ini dapat dieksekusi langsung dari media eksternal, flashdisk, dan hard disk tanpa mengubah registri Windows sehingga dapat dipakai pada komputer yang berbeda tanpa perlu instalasi. Jika tidak menggunakan InstantWP agar dapat dipakai di komputer (localhost) WordPress perlu aplikasi XAMPP, WAMP atau lainnya. Namun dengan InstantWP file diklik/dieksekusi dan dapat digunakan di localhost sehingga jika akan mengubah desain situs web dapat dilakukan secara offline saja agar situs yang telah online tidak mengalami gangguan ketika mengalami kegagalan perubahan desain.

Ukuran file installer Instant WordPress 4.3 60MB dan setelah diekstrak mencapai 200MB. Aplikasi ini praktis sekali karena dalam paketnya termasuk Apache, PHP, dan MySQL sehingga telah memenuhi syarat untuk lingkungan berjalannya WordPress. Pada saat ini WordPress 3.5.1 telah di-release dan update versi WordPress dengan mudah (satu klik) dapat dilakukan pada Instant WordPress 4.3.

Sesaat setelah file InstantWP dieksekusi anda akan dibawa ke halaman menu dengan URL, http://127.0.0.1:4001/instantwp/index.php. Enam menu utama terdiri dari WordPress Frontpage, WordPress Adm*n, Plugins Folder, Themes Folder, MySQL Adm*n, dan Documentation. WordPress Frontpage URL-nya, http://127.0.0.1:4001/wordpress/, merupakan beranda situs web atau blog anda. Sedangkan WordPress Adm*n URL-nya, http://127.0.0.1:4001/wordpress/wp-log*n.php sama persis dengan adm*n situs web atau blog anda yang telah online.

Browser default InstantWP Internet Explorer dapat disesuaikan jika tidak sesuai dengan browser favorit anda. Cara mengubah dari file pms_config.ini yang ada di direktori InstantWP_4.3\iwpserver. Buka dengan Notepad++ pada baris 25 BrowserPath= ../system/InstantWP_GUI.exe lalu ganti dengan BrowserPath= “C:\Program Files\Mozilla Firefox\firefox.exe” jika Mozilla Firefox adalah peramban kesukaan anda.

Apabila sudah punya blog yang online lalu bagaimana menggunakan InstantWP di localhost alias ekspor blog versi online ke komputer versi offline?

Ada banyak cara impor database maupun pengaturan dari versi online ke versi offline. Salah satu yang paling mudah yaitu dari Dashboard WordPress Tools Export/Import kemudian klik Export – All Content. Unduh file hasil ekspor (Download export file) dalam format xml ke komputer lalu impor dari Dashboard WordPress offline/localhost. Namun cara ini tidak termasuk pengaturan plugin, widget, dan username password user.

Namun jika ingin kondisi tampilan dan pengaturan WordPress localhost sama (plugin, theme, user dan password, dan widget,) versi online langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Login ke cpanel lalu kompres dan copy direktori “wp-content” lalu unduh dan timpakan pada “wp-content” di localhost (InstantWP_4.3\iwpserver\htdocs\wordpress);
  2. Cpanel hosting klik Backups – Download a MySQL Database Backup, unduh ke komputer;
  3. Masuk menu MySQL Adm*n InstantWP username:root password: kosong – Go.  Buat database baru misalkan dinamai “myblog”;
  4. Masih di menu MySQL Adm*n InstantWP Impor database (.sql) hasil unduhan dari cpanel. Buka database pada tabel option_name “siteurl” dan “home” klik Edit option_value dan ganti dengan http://127.0.0.1:4001/wordpress/;
  5. Copy file wp-config.php dari cpanel ke localhost dan ubah dengan NotePad++ sesuaikan baris 17 dan seterusnya.

Selesai. Theme, plugins, username dan password, dan tampilan sama persis dengan blog anda yang telah online.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *