Valid HTML

Hyper Text Markup Language (HTML) merupakan bahasa yang digunakan untuk menampilkan halaman web site agar informasi dalam dokumen dapat diterjemahkan/diinterpretasikan dengan akurat oleh peramban (browser) sebagai penjelajah web sites atau internet. HTML adalah bahasa yang menggabungkan teks dengan instruksi pemformatan dokumen Bahasa Markah  (Markup Language) agar komunikasi antar komputer yang tersambung dalam jaringan internet (World Wide Web) mampu menerjemahkan bahasa dalam dokumen yang diunduh dari server.

HTML digunakan sebagai standar untuk menampilkan halaman web sites. Dokumen HTML berisi tulisan yang merupakan perintah, tanda/markah, kode atau tag yang akan diterjemahkan browser. Berkembangnya internet menuntut adanya bahasa yang mampu menerjemahkan elemen dokumen dari berbagai format yang dikembangkan oleh beberapa pengembang perangkat lunak. Dengan demikian perlu dikembangkan bahasa standar perintah pemformatan dokumen.

Standarisasi HTML dikelola oleh World Wide Web Consortium (W3C). Versi terbaru HTML saat ini adalah HTML5. Agar isi dokumen yang ditulis sesuai standarisasi yaitu dalam format HTML dapat diterjemahkan/ditampikan perlu  browser. Browser populer di antaranya Google Chrome, Internet Explorer, Opera, Mozilla, dan Safari. Multimedia yang disisipkan pada dokumen HTML agar dapat ditampilkan dengan sempurna kadang-kadang perlu aplikasi pihak ketiga di antaranya, Java dan Adobe Flash Player plugin.

HTML5
Perkembangan dokumen yang disisipi multimedia agar ditampilkan dengan akurat, dapat dibaca oleh manusia maupun mesin perlu aplikasi tambahan dari pihak ketiga berupa plugin. Pengembangan HTML5 untuk menyempurnakan dukungan teknologi multimedia terbaru dan mengurangi ketergantungan pada plugin. Dampaknya kinerja situs web meningkat, loading lebih cepat.

Validitas HTML

Pentingya validitas dengan validator HTML situs web yang mengikuti standarisasi W3C agar isi dokumen dapat dibaca lebih cepat dan akurat oleh browser yang berbeda jenis (pengembang) dan versi (lama/baru). Jika tidak valid HTML dan/atau CSS mungkin saja suatu situs web tidak dapat diterjemahkan sempurna, tampilan berantakan oleh sebuah browser. Jika valid mempunyai peluang ditampilkan sama/sempurna di semua jenis dan versi browser. Situs-situs web populer yang saya ketahui tidak ada yang mengharuskan pengunjung memakai jenis browser, versi, dan resolusi layar tertentu agar tampilan sempurna. Tetapi tidak sedikit situs web yang mencantumkan pada footer agar memakai browser tertentu agar tampil sempurna. Pembatasan jenis browser akan mengurangi peluang peningkatan jumlah pengunjung.

Validitas HTML juga dapat untuk menguji kode-kode yang ditulis dalam dokumen sudah benar atau salah. Meskipun pesan kesalahan tidak sepenuhnya menunjukkan kesalahan penulisan. Mungkin saja penulisan sudah benar menurut kaidah tertentu tetapi belum didukung oleh standarisasi HTML. Contohnya kode rel=”publisher” yang dikenalkan oleh Google mengakibatkan Error HTML5. Atribut tersebut tidak valid HTML5 dengan pesan “rel=publisher is not an html standard markup W3C.org Bad value publisher for attribute rel on element a: Not an absolute IRI. The string publisher is not a registered keyword or absolute URL.

Blog ini mempunyai pesan kesalahan HTML5 ketika pengaturan Publisher Structured Data Testing Tool. Pesan tersebut muncul ketika ditambahkan publisher Google Profile di header.php. Kode yang ditambahkan berikut ini:

Menurut Structured Data Testing Tool penulisan tersebut valid tapi menurut HTML5 tidak valid.

Pesan kesalahan HTML5 yang lain karena atribut rel=”category tag” yaitu tautan kategori. Pesan kesalahan “Bad value category tag for attribute rel on element a: Keyword category is not registered“. Pesan kesalahan teratasi dan menjadi valid tanpa memberikan link Google publisher profil setelah menambahkan fungsi pada file functions.php. Kode ditambahkan menghilangkan daftar kategori berikut ini:

Blog ini telah Valid HTML5 dan Valid CSS3 meskipun terdapat pesan peringatan. Namun saya belum membuka dari browser versi lama (jadul) karena browser di komputer, Google Chrome, Internet Explorer, Opera, dan Mozilla Firefox serta plugin diatur auto update sehingga selalu menggunakan browser dan plugin terbaru. Jika tampilan blog berantakan mungkin browser Anda masih versi lama, dan alasan kenapa Anda menggunakan browser versi lama saya tidak tahu, hanya Tuhan yang tahu (only God knows). Padahal maksud pengembang update versi browsernya demi meningkatkan kinerja, menutup celah, keamanan, mempercepat loading, dan menyempurnakan versi sebelumnya. Bila sudah ada update-nya, kenapa tidak di-update?

Update 22/04/2013:

Kode hgroup dihapus dari spesifikasi elemen HTML5, hgroup removed from the HTML5 specification, berdampak Twenty Twelve Theme Blog ini tidak lagi valid alias invalid HTML5 tetapi tidak berkibat tampilan berantakan. Penghapusan dari daftar Obsolete HTML sejak April 2013.

2 gagasan untuk “Valid HTML

  1. aqiqah surabaya

    Apa sebaiknya link tersebut dihapus ya boz, mohon pencerahan. Trus gimana cara memperbaiki kasus seperti ini
    Line 28, Column 122: & did not start a character reference. (& probably should have been escaped as &.)
    …n.css?targetBlogID=5847920425831346813&zx=f19f9b2a-578e-41d5-8c63-3bbd070529e3…
    saya tunggu boz bimbingannya.

    My answer: Dihapus juga tidak apa-apa jika ingin valid HTMl karena sudah memakai rel="author" untuk mengaitkan dengan Google Plus. Meskipun invalid HTML asalkan tampilan di browser tidak berantakan, menurut saya sih tak masalah. "Escape ampersand (&) ditambah kode amp; setelah &. Yaitu BlogID=5847920425831346813&; tambah amp sebelum ;. Kode-kode Valid HTML dari waktu ke waktu berubah. Contohnya di bulan April 2013 ini hgroup dihapus dari daftar - Non-conforming features kode sehingga blog Ini tidak valid lagi HTML5.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *