Minify HTML

Minify HTML adalah salah satu aspek penilaian PageSpeed Insight agar situs web dimuat (loading) lebih cepat. Minify adalah mengecilkan ukuran file agar dapat diunduh peramban lebih cepat. Semakin mini semakin baik. Dari sisi penglihatan manusia semakin berantakan, tetapi dari sisi bahasa mesin semakin baik. Cara Minify HTML pada dasarnya penulisan disederhanakan seoptimal mungkin. Di antaranya menghilangkan spasi antar huruf (white space), tinggi baris, argument, dan komentar pada penulisan HTML.

Berdasarkan sudut pandang penglihatan mata manusia apabila menghilangkan spasi dan komentar pada dokumen akan membingungkan, sulit terbaca, bahkan tidak dapat terbaca. Namun tidak demikian pada bahasa mesin. Meskipun spasi dan komentar dihilangkan tetap dapat membaca dan menerjemahkan kode HTML dengan akurat. Dokumen yang dikecilkan (minify) tampilan akan berantakan. Agar ketika dokumen yang akan diubah tidak menyulitkan di kemudian hari, sebaiknya dibuatkan cadangan (backup) versi manusia dan versi mesin.

Namun demikian ada cara mudah mengecilkan/kompres dokumen HTML untuk disajikan versi mesin atau browser di antaranya dengan HTML Compressor online atau plugin WP-Minify. Di samping minify HTML plugin WP-Minify juga mengompres CSS dan JavaScript. Contoh HTML compressor online lainya yaitu Digital Coding dan Mini Web Tool.

Sedangkan untuk mengetahui berfungsi atau tidak proses minify dan untuk mengetahui tingkat dan jenis kompresi dapat dilihat dengan mengetikan alamat URL di HTML Compression Test Page di antaranya  Gzip-test dan Compression Test. Apabila kompresi sudah baik PageSpeed Insight  tidak akan memberikan rekomendasi untuk Minify HTML lagi atau status Done. Secara kasat mata kompresi dokumen HTML dari suatu situs web dapat dengan mengunjungi URL dan klik kanan mouse, view page source code atau ctrl+U. Apabila masih terdapat spasi-spasi kosong masih dapat dioptimalkan dengan menghilangkan spasi kosong.

Kasus-kasus Minify HTML belum optimal pada situs web meskipun dikompres dengan plugin atau tanpa plugin mungkin saja dampak penggunaan inline CSS,  inline JavaScript, atau penggunaan plugin yang dimuat pada halaman home, single, atau archive. Pada kasus ini kode CSS dan JavaScript yang tampak pada browser masih beraturan atau belum berantakan dapat dapat dikecilkan langsung ke sumbernya yang kodenya dapat dilihat dengan klik kanan mouse, view page source code atau ctrl+U.

Cara minify HTML atas CSS dan JavaScript. Pertama buka file CSS dan JavaScript pada cPanel direktori plugin. Buat cadangan CSS dan JavaScript dalam bentuk gzip atau zip sebelum dikompres. Copy-paste kode CSS dan JavaScript pada HTML compressor online lalu klik compress. Hapus semua kode CSS dan JavaScript lalu ganti kode hasil Copy-paste HTML compressor online. Pada saat plugin update file yang telah dikompres akan ditimpa dengan file update. Kompres kembali kode CSS dan JavaScript setelah update plugin.

Periksa dengan  PageSpeed Insight apakah kompresi sudah optimal, tidak direkomendasikan minify HTML lagi. Jika sudah optimal kecepatan blog atau situs web Anda akan meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *