Kelebihan SPT Pajak e-filing

e-filing adalah proses mengisi dan mengirim SPT Tahunan 1770 S dan 1770 SS melalui laman pajak. Bagi Wajib Pajak (WP) dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) secara umum kelebihan SPT Pajak e-filing di antaranya lebih aman, akurat, cepat, mudah, dan murah.

Rincian kelebihan SPT e-filing sebagai berikut:

  1. aman dari kebocoran informasi isi SPT. SPT e-filing lebih aman daripada SPT dalam bentuk dokumen kertas (hard copy). Informasi isi SPT e-filing hanya diketahui oleh pemilik SPT yang menginput di laman pajak dan pihak yang mengetahui password untuk membuka profil WP di Sistem Informasi (SI) DJP yang dapat diketahui riwayat aksesnya pula. Sedangkan SPT dalam bentuk hard copy, rawan kebocoran sejak dokumen dicetak pada komputer WP, dikirim ke DJP, diterima, diteliti, diinput pada SIDJP, hingga dikirim ke ruang pemberkasan yang melibatkan banyak orang. Peluang kebocoran terjadi di beberapa tahap, sejak dari WP hingga disimpan DJP yang lebih sulit pelacakannya. Meskipun kerahasiaan informasi WP wajib dijaga dan dijamin oleh undang-undang, namun peluang kebocoran akibat lalai dan ketidaksengajaan mungkin saja terjadi.
  2. mudah pengisian dan pengiriman. Pengisiannya melalui laman sangat mudah,  dengan fungsi otomatis penjumlahan. Setelah diisi lengkap pengiriman dapat dilakukan online ke server DJP kapan pun, tanpa melibatkan banyak pihak sehingga kerahasiaan lebih terjamin. Sedangkan SPT hard copy pengiriman langsung maupun melalui jasa pengiriman melibatkan banyak orang dan tahapan yang lebih panjang. Penyampaian SPT ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) hanya dapat dilayani pada jam kerja dan perlu banyak waktu untuk menunggu giliran antrian.
  3. isi SPT e-filing lebih akurat. Berbeda dengan SPT hard copy yang diteliti kelengkapan nya oleh manusia, SPT e-filing kelengkapan dan pengisian diverifikasi oleh aplikasi sehingga terhindar dari kesalahan. Peluang perhitungan SPT unbalance dapat dihindari.
  4. cepat sampai ke server DJP dalam beberapa detik. Apabila koneksi internet bagus, kurang dari setengah menit anda akan mendapat bukti pengiriman SPT atau Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE) yang dikirim ke alamat surel. Bila diperlukan NTTE dapat diminta dikirim ulang kapan saja. Kekuatan hukum NTTE sama dengan tanda terima manual dengan cap dan tanda tangan basah petugas. Sedangkan jika mengirim langsung ke KPP sebelum mendapatkan tanda terima harus menunggu antrian yang relatif ama, apalagi mulai tahun ini melalui proses penelitian kelengkapan. Beberapa tahun lalu sejak Ponari si dukun populer dari Jombang, penyampaian SPT melalui DropBox cepat sekali, secepat Ponari menyelupkan jari ke gelas-gelas pasiennya. SPT yang tidak diteliti lebih dulu, berdampak proses pengelolaan lebih rumit, permintaan kelengkapan ke WP dan ketidakakuratan isi SPT.
  5. murah. Biaya pengiriman SPT e-filing murah, tidak dipungut biaya asalkan dikirim langsung ke server DJP. Sedangkan pengiriman SPT melalui laman pihak ketiga penyedia jasa aplikasi Application Service Provider (ASP) akan dikenakan biaya.
  6. DJP akan dimudahkan; tidak perlu entri data SPT di SIDJP, tidak perlu bertemu dengan WP, tidak ada antrian melayani laporan SPT, mengurangi biaya penyimpanan berkas fisik, dan pengolahan SPT lebih ringan. Dengan demikian sumber daya yang semula digunakan untuk melayani rutinitas pelaporan SPT tahunan dapat dialihkan untuk jenis pekerjaan lain yang lebih produktif.
  7. keamanan jaringan untuk mengirim data SPT e-filing dari komputer user ke server, sejak 17/10/2012 telah melibatkan entitas pihak ketiga (trusted third party), Digicert yang menjamin keamanan transfer data yang otentik dengan enkripsi 128 bit. Detil penerbit sertifikat digital klik ikon gembok pada alamat URL. Adanya Certificate Authority (CA) dari lembaga yang menerbitkan sertifikat digital, informasi SPT merupakan bukti digital yang memiliki kekuatan hukum dan akibat hukum yang sah. Keabsahan informasi elektronik di SPT e-filing wajib memenuhi syarat sebagai alat bukti sesuai Pasal 5 UU 11 2008 tentang ITE.

 Tata cara e-filing:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *