Aplikasi Android di Windows

Minat menggunakan sistem operasi Android semakin banyak, tidak hanya pada perangkat smartphone dan tablet tetapi telah berkembang ke perangkat kamera digital,  PC, televisi, dan lain-lain. Sifat Android yang open source telah mendorong para pengembang program dari seluruh dunia untuk membuat aplikasi yang berjalan di Android. Dampaknya ratusan ribu aplikasi gratis maupun berbayar telah dibuat pengembang dan dapat diunduh di Google Play Store.

Sistem operasi Microsoft Windows yang fitur-fiturnya user friendly, telah digunakan sejak tahun 1985, dari versi Windows 1 hingga Windows 8 telah menjadi sistem operasi terpopuler selama puluhan tahun. Pengguna komputer yang sehari-hari dalam bekerjanya selalu ditemani komputer dengan sistem operasi Windows, tentu sulit sekali meninggalkan sistem operasi kesayangannya. Tapi apabila bertahan hanya menggunakan Windows akan ketinggalan dalam pergaulan karena orang lain menggunakan tablet Android untuk memainkan aplikasi permainan. Sedangkan jika membawa dua perangkat komputer sistem operasi Windows dan Android akan merepotkan, terasa berlebihan. Apalagi tablet Android-nya hanya untuk memainkan aplikasi permainan dan membuka situs internet.

Kini, dengan adanya program emulator BlueStacks, pengguna sistem operasi Windows maupun Mac (BlueStacks on PC Windows or Mac) dapat memainkan aplikasi Android di perangkat layar sentuh maupun non layar sentuh. Unduh BlueStacks versi Beta, online installer di Online Installer, dan versi offline installer di BlueStack Installer. Persyaratan minimum BlueStacks adalah MS Windows XP SP, memory 2GB, dan hard disk kosong untuk digunakan sebagai virtual SD Card sebesar 2GB.

Saya telah mencoba BlueStacks di Windows 7 SP1 dengan installer offline. Tampilannya keren abis, user friendly. Setelah instalasi selesai dan modem dari “Teman Pintar” operator jaringan anti lelet telah tersambung kemudian dapat instal aplikasi-aplikasi Android dengan cepat, tanpa pengaturan apa pun, dapat tersambung langsung dengan Get Jar, Amazon App Store, 1 Mobile Market. Agar tersambung dengan Google Play Store harus login akun Gmail lebih dulu.

Untuk memasang aplikasi cukup mudah dengan klik daftar ikon aplikasi atau mencari lebih dulu jika pilihan aplikasi yang ingin dipasang tidak tersedia di layar. Screenshot berikut ini.

 

Cara instalasi aplikasi dari BlueStacks. Bila ikon diklik akan mengunduh aplikasi yang kemudian terpasang pada komputer. Screenshot pengunduhan berikut ini.

 

Aplikasi-aplikasi Android yang ada di ponsel Samsung Galaxy Ace dapat berjalan mulus di BlueStacks. Ukuran memory dapat diubah dari 768MB ke 1,5GB dari registry-regedit-> HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\BlueStacks\Guests\Android. Sedangkan resolusi layar dapat diubah sesuai kecocokan dari registry-regedit-> HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\BlueStacks\Guests\Android\FrameBuffer\0. Screenshot MyApps dari ponsel yang saya pindahkan ke PC berikut ini. 

 

Nah, bagi yang fakir bandwith jika akan memasang aplikasi dari perangkat Android lain sebaiknya menggunakan aplikasi App Backup & Restore Android karena tidak perlu mengunduh ulang. Caranya backup aplikasi di ponsel, lalu copy file instaler .apk yang terletak di SD Card ponsel folder App_Backup_Restore dan paste di salah satu folder hard disk komputer Anda. Klik file instaler .apk yang telah berasosiasi dengan BlueStacks, pada saat bersamaan proses pemasangan aplikasi sedang diproses. Jika pada BlueStacks telah terpasang App Backup & Restore maka proses akan lebih mudah yaitu dengan Restore aplikasi yang dipilih. Screenshot berikut ini.

 

Dengan aplikasi Root Explorer dapat dilihat kapasitas SD Card virtual yang kosong, default 2GB. Jika diperlukan dapat ditambah kapasitasnya menjadi beberapa GB lebih besar (resize). Screenshot berikut ini.

 

Tampilan layar penuh sehingga ketika memainkan aplikasi permainan game Android dapat terpuaskan. Screenshot Angry Birds Star Wars berikut ini.

 

Agar skor permainan aplikasi di perangkat Android lain dapat diteruskan di komputer sehingga tidak perlu mengulang dari level awal dapat digunakan aplikasi backup game. Contohnya aplikasi Angry Birds Backup.

Fitur unggulan BlueStacks di antaranya, Cloud Connect dapat menyinkronkan PC dan ponsel aplikasi dapat ditransfer. Instalasi menambah aplikasi dapat secara online maupun offline dengan file .apk. Hingga tahap Beta BlueStacks masih gratis (freeware).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *