Edubuntu Linux for Education

Edubuntu adalah sistem operasi yang menggunakan kernel Linux, varian distro Ubuntu yang merupakan keturunan distro Debian yang didesain untuk tujuan pendidikan. Edubuntu didistribusikan secara gratis dan bersifat open source yang artinya pengguna bebas memodifikasi kode sumber tanpa kekhawatiran melanggar hak cipta. Edubuntu yang dapat didistribusikan ke siapa pun dan dapat diunduh di unduh edubuntu.

Ubuntu berasal dari bahasa Afrika kuno ‘humanity to others yang artinya “kemanusiaan kepada sesama” merupakan distro Linux populer karena pengoperasian yang mudah (user friendly) cocok bagi pengguna yang mulai belajar Linux. Ubuntu dipublikasikan pertama kali pada 20 Oktober 2004 versi 4.10 dengan nama sandi Warty Warthog didukung oleh perusahaan bernama Cannonical. Logo Ubuntu adalah tiga orang bergandengan tangan membentuk lingkaran diartikan saling berbagi untuk sesama.

Paket instalasi otomatis Ubuntu seukuran CD 700MB berisi aplikasi-aplikasi yang cukup untuk kebutuhan komputer perkantoran sehari-hari. Aplikasi pengolah kata, pengolah gambar, browser, chating, aplikasi multimedia audio video, permainan, dan lain-lain. Semua aplikasi yang dirangkum dalam satu CD tersebut semuanya gratis yang jika dinilai dengan aplikasi sejenis berbayar akan setara jutaan rupiah. Jika memerlukan aplikasi tambahan yang telah diverifikasi oleh Ubuntu juga tersedia untuk diunduh dari gudang (repositories) atau diinstal dari DVD. Jika dikompilasi dalam media DVD aplikasi dari repositories berjumlah 6-7 keping DVD.

Ubuntu mempunyai segudang aplikasi apalagi setelah ditambahi aplikasi edukasi yang dipaket dalam Edubuntu 12.04. Edubuntu dipaket dalam media DVD yang dapat digunakan live DVD/USB yaitu tanpa memasang sistem operasi pada diska (hard disk). Akan tetapi aplikasi-aplikasi tambahan tidak semuanya dapat digunakan pada mode live DVD/USB. Agar aplikasi edukasi dapat digunakan sempurna maka harus dipasang (install) pada diska. Edubuntu sangat cocok dan bermanfaat bagi murid, guru, dosen, dan siapapun yang menggeluti dunia pendidikan.

Di dalam paket Edubuntu ada aplikasi jaringan laboratorium dengan demikian administrator dapat melihat dan mengawasi tampilan layar monitor masing-masing siswa dan juga dapat mengendalikannya. Dapat pula dibuat jaringan antara komputer dengan Linux Terminal Server Project (LTSP)  yaitu satu unit komputer server, switch, kabel jaringan, dan unit komputer lain sebagai client tanpa diska dan CD ROM dapat digunakan dengan kecepatan yang sama dengan komputer server.

Paket edukasi yang dikemas pada Edubuntu sangat lengkap untuk keperluan edukasi dari umur 2 tahun hingga perguruan tinggi. Aplikasi-aplikasi berkualitas di antaranya Gcompris, tersedia bagi anak mulai dari umur 2 tahun dengan model belajar sambil bermain. Anak-anak yang bermain komputer tidak sekedar bermain tapi tak terasa mereka sedang belajar.

Paket-paket lain, KDE Edutainment Suite dan Schooltool calendar dapat digunakan untuk mendukung kegiatan belajar. Contohnya aplikasi Kalzium yang mempelajari tabel periodik, unsur-unsur kimia diberi penjelasan sejarah ditemukan, titik didih, dan berbagai informasi bermanfaat lainnya. Aplikasi-aplikasi edukasi banyak tersedia di Edubuntu, sayang jika belum pernah mencoba aplikasi ini…

Artikel terkait: 7 Langkah Membuat Edubuntu Live USB

Satu gagasan untuk “Edubuntu Linux for Education

  1. Miguel

    Ubuntu was "Mandela's Word" means " Humanity to other". They created this type of software in honour to one of the most influences people in the World " Nelson Mandela"

    My answer:"My reference from Ubuntu here, quote "Ubuntu is an ancient African word meaning 'humanity to others'. It also means 'I am what I am because of who we all are'. The Ubuntu operating system brings the spirit of Ubuntu to the world of computers'."

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *