Final Olimpiade Sains Kuark 2012

Final Olimpiade Sains Kuark (OSK) 2012 yang ke-6 diselenggarakan pada hari Sabtu 30 Juni 2012 di kampus Prasetiya Mulya Business School, Jakarta. 299 finalis telah menyisihkan 86.750 peserta siswa SD yang berasal dari 33 provinsi di Indonesia. Pada hari Minggu, 1 Juli 2012 di Gunung Geulis, Bogor diselengarakan malam penghargaan kepada para finalis. Daftar finalis pemenang yang meraih Gold medal, Silver medal, Bronze medal, dan Honorable mention di sini.

Selamat datang di Gunung Geulis, Bogor

Mereka adalah anak-anak yang luar biasa, hebat, optimis, dan selalu semangat  memandang masa depan cemerlang dalam rangka meraih cita-cita mereka. Meskipun pelaksanaan OSK minim pemberitaan, tanpa sorot kamera televisi, mereka adalah sosok masa depan bangsa yang sesungguhnya. Ironis dengan kampanye para politisi calon presiden 2014 maupun calon gubernur DKI yang membuat lalu lintas macet di mana-mana.

Selama dua hari pelaksanaan final yang acaranya sejak pagi hingga malam hari, raut wajah ceria dan optimis menghiasi wajah mereka. Tidak tampak rasa lelah meskipun acaranya padat sejak pagi hingga petang. Terik matahari dan hembusan angin malam di tempat acara di selenggarakan di alam terbuka, menambah keceriaan mereka. Para finalis mengenakan pakaian adat masing-masing, keberagaman namun dalam kebersamaan. Bhinneka Tunggal Ika. Melihat kebersamaan di antara finalis yang baru saja dikenalnya yang berasal dari seluruh pelosok nusantara, telah menyegarkan otak saya yang bosan dengan berita media masa yang memuat berita perseteruan di antara anak bangsa karena beda partai politik dan korupsi. Selama dua hari mendampingi finalis otak serasa di-refresh.

Foto para finalis berbaris menuju kursi di depan panggung pada pukul 15.40 WIB

Pada hari Sabtu seusai mengerjakan soal-soal para finalis diajak mengunjungi pabrik PT Astra Komponen Indonesia di Ciawi, Bogor. Pengalaman para finalis mengunjungi pabrik memberi inspirasi, pertanyaan, dan mimpi tentang model kendaraan masa depan menurut mereka. Percakapan menjawab pertanyaan dari salah satu finalis berlanjut hingga larut malam di penginapan. Saya jadi teringat pernyataan, Albert Einstein, “Imagination is much more important than knowledge”. Imajinasi jauh lebih penting daripada pengetahuan, jika diterjemahkan lebih jauh lagi, ilmu pengetahuan mengikuti mimpi-mimpi atau imajinasi manusia. Dulu, manusia tidak bisa terbang di angkasa layaknya burung. Kini ilmuwan membantu meraih imajinasi manusia agar bisa terbang dengan menciptakan pesawat terbang. Jagoan sains kecil itulah yang di masa depan akan mewujudkan imajinasi manusia sekarang.

Tema acara final OSK kali ini “Membangun Negeri dengan Berani Bermimpi” menurut saya sangat cocok dengan kondisi negeri ini yang membuat rakyat “Mimpi pun tak bisa”. Ketika saya tidak lagi bisa bermimpi, maka mimpi-mimpi itu saya titipkan pada anak-anak bangsa para Jagoan Sains Indonesia untuk diwujudkan.

Foto penyerahan medali finalis level 1 oleh Anies Baswedan pukul 16.56 WIB.

 

2 gagasan untuk “Final Olimpiade Sains Kuark 2012

  1. efri deplin

    terima kasih wawasannya… selamat bertemu di final from finalis Bengkulu Anandia Septiana Azzahrah

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *