Tips Motret Model Cewek

Pengalaman saya motret model cewek ternyata dunia seni fotografi itu asyik. Fotografi tidak hanya merekam gambar ke kamera tetapi perlu menjalin komunikasi dengan model sebelum dipotret agar hasilnya lebih baik. Ngobrol ringan dan santai akan mencairkan suasana sehingga model tidak kaku dalam bergaya. Fotografi gabungan ilmu dan seni. Saya sebagai amatiran dalam fotografi, karena fotografi merupakan seni, maka saya tidak merasa salah dengan hasil pemotretan yang buruk.

Prinsip dasar saya dalam fotografi, objek dan fotografernya semua harus senang dengan hasil pemotretan. Fotografernya senang dan model melihat hasilnya juga senang sudah cukuplah bagi fotografer amatiran. Syukur-syukur orang lain yang lebih pandai juga senang melihat potretnya. Apabila hasil foto saya rasa model tidak senang jika melihatnya, dan saya juga tidak senang maka foto tersebut akan saya hapus.

Peralatan Motret

Kamera. Jenis kamera DSLR entry level untuk fotografer amatir menurut saya sudah cukup. Asal lensa bisa dilepas-pasang pemotretan akan lebih mudah sesuai kebutuhan, tapi bukan berarti kamera saku (pocket) tidak bisa. Teknologi terkini beberapa kamera saku menghasilkan gambar lebih baik dibanding kamera DSLR. Jika keterampilan mengoperasikan kamera jenis entry level meningkat, kemudian pantaslah beralih ke kamera profesional. Bila belum terampil mengoperasikan kamera entry level, kemudian menggunakan kamera profesional, sayang sekali jika beberapa menu tidak digunakan secara optimal, akan mubazir.

Speedlite/Flash. Speedlite/speedlight terpisah dari bodi kamera akan mendukung kualitas gambar hasil pemotretan. Flash yang terpasang pada kamera yang menghasilkan pantulan cahaya tegak lurus akan menghasilkan gambar yang cenderung datar. Arah cahaya flash yang terpisah dari bodi kamera dapat mengurangi bayangan pada objek karena dapat diatur arah, pantulan, dan kekuatan cahayanya.

Tripod. Fungsi tripod untuk menahan kamera agar tidak goyang, meskipun lensa terkini telah ada image stabilizernya. Kamera dan lensa yang berat jika tanpa tripod akan terasa berat, goyang jika hanya mengandalkan kekuatan tangan. Apabila kamera goyang akan menghasilkan gambar yang kurang tajam. Tripod juga perlu yang kokoh agar mampu menopang beban kamera karena bila tidak kokoh dan roboh akan mengakibatkan kerusakan pada perangkat kamera.

Memilih model.

Model tidak harus selalu perempuan muda yang cantik. Semua perempuan pada dasarnya cantik, perempuan yang belum nampak cantiknya dari luar, tidak gampang melihat kecantikannya adalah tugas fotografer untuk mengeksplorasi kecantikannya dari berbagai sudut pemotretan. Motret model yang cantik memang mudah untuk menghasilkan gambar yang enak dilihat, tetapi kurang menantang dari sisi teknis pemotretan. Ibaratnya pakai kamera mode auto dan dari sudut asal-asalan akan menghasilkan gambar yang baik jika modelnya cantik.

Berikut ini hasil pemotretan model cantik dari tanpa setelan kamera yang rumit. Potret dibuat ketika masih tahap mencoba setelan kamera dan flash, namun karena modelnya cantik hasilnya menurut saya sudah baik. Pada file-nya terdapat informasi sebagai berikut: kamera entry level NIKON xxx, pada f/8, 1/180s, ISO-200, 35mm, focus mode AF-A, flash on.

 

Merah Putri

Karena saya fotografer amatir yang tidak dibayar, ketika memotret saya sering eksperimen berbagai komposisi suka-suka saya. Di antaranya memanfaatkan objek di luar objek utama (point of interest), objek sekitar model, properti juga fokus untuk menunjukkan lokasi pemotretan. Tapi pada gambar yang lain saya buat close-up untuk menampilkan detil kecantikannya.

Motret model cewek dari berbagai pose selalu menarik, berbeda dengan model cowok paling sering cuma buat model iklan rokok dan gayanya gitu-gitu saja. Model cewek tidak ada habis gayanya, bisa macam-macam gaya dan tetap enak dilihat. Jika bingung mengarahkan model untuk pose, pose manusia itu tidak terlalu banyak macamnya. Dari ribuan foto pose model jika dikelompokkan akan banyak pose yang mirip di antara satu dengan lainnnya. Bedanya terletak pada model, properti, dan lokasi pemotretan saja. Contoh-contoh pose model dapat dilihat pada situs-situs web fotografi dan arahkan model menirunya.

Berikut ini hasil belajar motret model di Mal Malioboro Yogyakarta.

Eksotika Jogjakarta 4

Image from Flickr

Eksotika Jogjakarta 2

Image from Flickr

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *