Tips Memilih Konsultan Pajak

Jasa konsultasi pajak gratis tersedia di Kantor Pelayanan Pajak dan nomor telepon 500200. Tapi tidak mengurangi antuiasme wajib pajak memakai jasa konsultan pajak, meskipun tersedia jasa konsultasi gratis. Fenomena jasa berbayar vs gratis yang melayani jenis jasa yang sama seolah-olah tidak bersaing.

Semakin maju perekonomian suatu negara yang salah satunya ditunjukkan meningkatnya perdapatan per kapita akan semakin meningkat penerimaan pajaknya. Semakin besar penghasilan semakin besar pajaknya. Jumlah uang yang dikumpulkan dari jutaan pembayar pajak nasional mencapai 900 triliun rupiah lebih. Peluang jasa konsultan pun masih terbuka lebar memperebutkan jutaan wajib pajak yang akan membayar pajak ratusan triliunan rupiah pajak.

Tarif pajak penghasilan di Indonesia untuk orang pribadi hingga 30% dari penghasilan bersih, bahkan di negara-negara Eropa tarifnya hingga 50%. Nah, setelah kewajiban pajak terasa besar lalu timbul keinginan untuk mengurangi pajak dengan cara memanfaatkan celah undang-undang dan aturan pelaksanaannya.

Konon, tidak ada orang yang benar-benar rela bayar pajak kecuali Undang-undang memaksanya, karena para pembayar pajak tidak memperoleh imbalan langsung. Adanya permintaan dari wajib pajak agar dapat membayar pajak sekecil-kecilnya lalu muncul penawaran jasa konsultan pajak yang membantu mewujudkan keinginan wajib pajak.

Jika memang wajib pajak tidak menghendaki pembayaran pajak sekecil-kecilnya tentu akan menggunakan jasa gratis dari kantor pelayanan pajak. Berapa pun hitungan pajak menurut petugas di kantor pajak dibayarkan ke bank. Tapi hal ini tidak terjadi di perusahaan-perusahaan besar maupun orang pribadi yang pajaknya besar.

Uraian di atas bersifat dugaan sementara karena saya belum membaca hasil penelitian tentang berbayar vs gratis, tapi yang berbayar tetap eksis. Jasa gratis lebih banyak digunakan oleh wajib pajak kecil yang kemampuan finansial rendah dan jenis transaksi tidak rumit.

Bagi perusahaan-perusahaan besar yang frekuensi dan nilai transaksinya bernilai jutaan hingga triliunan rupiah memang perlu jasa konsultan pajak. Bagian pajak dan akuntansi di perusahaan serta jasa konsultasi gratis dari kantor pajak, belum cukup. Bayar pajak memang mudah, tetapi cara menghitung pajak sangat sulit. Ada belasan ribu aturan pajak yang berlaku dan terus-menerus diterbitkan aturan baru. Tidak seperti kitab undang-undang hukum pidana yang bertahan ratusan tahun, undang-undang pajak sering kali diubah. Aturan yang lama belum tahu sudah terbit yang baru. Isi pasal-pasal pada aturan yang multitafsir dan rancu juga perlu orang yang berpengetahuan dan berpengalaman dalam praktik.

Jumlah aturan pajak yang sangat banyak, tidak mungkin mampu dipahami semua dengan baik oleh wajib pajak. Fokus pikiran para pengusaha pada umumnya di bisnis yang tentu akan mengurangi porsi untuk memahami aturan-aturan hukum dan administrasinya. Sedangkan jika perusahaan atau pengusaha salah menerapkan aturan pajak, akan berakibat mengalami masalah hukum yang akan merusak reputasi dan citra perusahaan. Disamping itu denda akibat kesalahan menghitung pajak dapat mencapai beberapa kali lipat pokok pajak, akan mengganggu likuiditas finansial wajib pajak. Di sini lah peran penting para konsultan pajak.

Meskipun wajib pajak telah menggunakan jasa konsultan pajak, bukan berarti permasalahan pajak beres. Peluang terjadinya sengketa dalam menghitung jumlah pajak antara pendapat fiskus dan wajib pajak yang telah dibimbing konsultan pajak tetap ada. Isi aturan yang multitafsir, multiinterpretasi berakibat menciptakan sengketa pajak.Tunggakan kasus sengketa pajak di pengadilan pajak jumlahnya mencapai belasan ribu kasus.

Peran konsultan pajak juga tidak terbatas pada jasa konsultansi, tetapi dapat mewakili, sebagai kuasa maupun pendamping wajib pajak dalam proses pemeriksaan, keberatan,  banding di pengadilan pajak, peninjauan kembali di Mahkamah Agung, dan pemenuhan kewajiban perpajakan lain. Di masa depan, estimasi saya permintaan profesi jasa konsultan pajak tidak akan menurun. Pengetahuan tentang pajak senantiasa akan dibutuhkan para pelaku bisnis di masa depan.

Fenomena yang terjadi di masa lalu hingga sekarang, para pegawai pajak yang pandai tentang pajak, tidak sedikit yang mengundurkan diri untuk bekerja di perusahaan-perusahaan besar, melayani jasa konsultasi pajak kepada pengusaha, dan mendirikan badan hukum yang melayani jasa konsultan pajak. Meskipun digaji lebih besar dibanding pegawai negeri pada umumnya, selisih penghasilan sebagai pegawai negeri dengan penawaran gaji dari perusahaan swasta menjadi alasan logis untuk mengundurkan diri. Jika tidak diantisipasi mencari pegawai pengganti yang memenuhi kualitas sama dengan pegawai yang mengundurkan diri, maka upaya pencapaian target penerimaan pajak negara dapat terganggu. Masalahnya, mendidik orang hingga pintar, paham tentang aturan pajak yang jumlahnya ribuan membutuhkan waktu yang lama.

Di samping pegawai aktif yang pensiun dini, para pensiunan pegawai pajak pun tidak sedikit yang melanjutkan profesi menjadi konsultan pajak. Sekurang-kurangnya para mantan pegawai telah mempunyai kesempatan lebih besar mendapatkan klien dari wajib pajak yang mereka layani ketika sebagai pegawai.

Ketika saya mencari profil para konsultan pajak melalui Google, riwayat pernah bekerja di direktorat jenderal pajak ditampilkan pada profilnya. Pengalaman kerja dan jaringan pertemanan dengan tempat bekerja yang lama memang dapat dijadikan daya tarik meraih klien, nilai tawar lebih tinggi. Tradisi ewuh pakewuh, adat ketimuran tidak dipungkiri sulit ditinggalkan. Mungkin harapan para konsultan pajak akan disegani dan perlakuan istimewa ketika menjalankan profesi di lingkungan tempat bekerja yang lama.

Tips memilih konsultan pajak

Pertama, pilih konsultan pajak yang terdaftar dan mendapat izin. Jasa konsultan pajak resmi harus terdaftar dan mendapatk izin praktek konsultansi pajak dari Direktur Jenderal Pajak. Idealnya memang ijin dari lembaga independen lain di luar Ditjen Pajak, tapi aturan yang saya ketahui para konsultan pajak mendapat izin dari Dirjen Pajak. Para konsultan pajak juga mempunyai perkumpulan Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI). Periksa nama orang yang menawarkan jasa konsultan pajak pada situs web IKPI. Jika ada orang yang menawarkan jasa konsultansi pajak tetapi tidak terdaftar, tidak punya izin, tidak punya sertifikat keahlian sebagai konsultan, maka patut diduga bukan konsultan pajak.

Kedua, para konsultan pajak yang baik jika efisiensi jumlah pajak yang dibayar oleh klien bermain pada tingkat celah undang-undang, yaitu penghindaran pajak (tax avoidance) yang legal bukan pengelakan pajak (tax evasion) yang ilegal dan pidana. Jika ada konsultan pajak yang menawarkan jasa pengelakan, pengemplangan, dan penggelapan pajak, jangan memakai jasanya. Karena apabila pada suatu saat tindakan penggelapan pajak diketahui, risiko sanksi melekat pada wajib pajak.

Ketiga, pilih konsultan pajak yang punya komitmen menjaga kerahasiaan klien dengan baik. Jasa konsultan pajak adalah bisnis jasa yang mengandalkan kepercayaan antara pemberi dan penerima jasa. Jika salah satu pihak wanprestasi, kemudian kerahasiaan dijual ke pihak lain maka akan merugikan salah satu pihak. Di sini lah pentingnya saling menjaga kepercayaan antara kedua pihak secara berkesinambungan.

Keempat, Konsultan pajak yang baik tidak hanya membuat laporan keuangan fiskal berdasarkan laporan keuangan komersial, tetapi menawarkan perencanaan pajak (tax planning) kepada klien, bukan sekedar menghitung pajak setelah transaksi terjadi. Jenis dan besarnya pajak dipengaruhi oleh proses transaksi, cara penyerahan cara pembayaran, kapan, di mana, dengan siapa, bagaimana isi kontrak, dan faktor lain.

2 gagasan untuk “Tips Memilih Konsultan Pajak

  1. Indonesia Consult

    terima kasih, ini merupakan info yang sangat bermanfaat, kami juga merupakan jasa konsultan pajak, mohon doa nya semoga kami menjadi konsultan pajak yang dapat membantu setiap perusahaan di indonesia, dan menjadi kepercayaan bagi mereka. terima kasih salam IC Consultant đŸ™‚

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *