Password Safe sebagai Password Manager

Berapa banyak username dan password yang mampu Anda ingat? Sepuluh atau seratus?

Penelitian Miller (1956) kapasitas working memory manusia adalah 7 slot +- 2. Artinya kapasitas memori manusia untuk mengingat sesaat di antara 5 sampai 9. Dengan demikian jika akan belanja barang yang jenisnya lebih dari sembilan macam, maka Anda sebaiknya mencatat, karena mungkin jenis barang ke 10 dan seterusnya akan lupa setelah sampai di toko. Maka dari itu, pada perangkat lunak populer dan situs top dunia mengaplikasikan teori ini dengan membuat menu, top menu maupun drop down menu dan kategori artikel situs web tidak lebih dari 9 macam demi kemudahan pengguna/pengunjung mengingatnya.

Kapasitas kerja memori manusia 9 sedangkan di masa sekarang jumlah akun situs web yang membutuhkan verifikasi username dan password yaitu: akun email, akun social media, akun sistem keuangan, akun paypal, akun sistem perbankan, akun sistem informasi pekerjaan di kantor dan lain-lain jumlahnya mencapai puluhan. Nah, jika Anda menggunakan password yang sama masuk ke banyak sistem, suatu saat Anda akan  mengalami mimpi buruk yang akan menjadi kenyataan ketika salah satu password Anda diketahui oleh orang yang tidak bertanggung jawab lalu digunakan untuk masuk ke akun Anda yang lain. Satu password untuk semua akun bukan cara yang bijaksana, bahkan sangat rentan disalahgunakan orang lain. Username masuk pada situs web pada umumnya menggunakan alamat email, sedangkan alamat email dengan mudah dapat dicari dan diketahui publik. Bagi orang yang telah mengetahui password akan dengan mudah melihat akun seseorang yang menjadi korban.

Kurun lima tahun terakhir saya pengalaman sangat memuaskan menggunakan Password Safe buatan Rony Shapiro yang merupakan free open source. Saya tidak pernah lupa username maupun password akun email, akun keuangan, akun situs belanja, akun administrator blog yang seluruhnya berjumlah lebih dari lima puluh. Jenis akun juga dapat dikelompokkan per grup, misalkan akun grup email, grup social media, grup akun keuangan, grup masuk situs web belanja dan sebagainya. Masing-masing grup dapat berisi puluhan akun dan semua akun dalam grup hanya dibuka menggunakan satu password yaitu master password, password manager. Jika ingin mencoba kemudahan password safe, download di sini.

Tentang isu keamanan, perangkat lunak password safe menggunakan enkripsi yang kuat, memperoleh beberapa penghargaan, dan proses instalasi hanya beberapa detik. Saya menyimpan database dan file installer pada flashdisk dan filenya dikompresi plus dipassword juga untuk kebutuhan melihat password ketika menggunakan komputer yang belum terpasang password safe, dan apabila flashdisk hilang penemunya akan kesulitan membukanya.

Tips membuat password yang aman

Meskipun Anda telah menggunakan password safe untuk menyimpan password, sebaiknya password memakai kata-kata yang sulit untuk ditebak. Perangkat lunak pembuka password, password recovery dapat menebak password lebih cepat jika password yang digunakan kata-kata dalam kamus. Agar lebih sulit ditebak gunakan password lebih dari enam karakter yang merupakan kombinasi angka dan huruf serta karakter khusus. Gunakan frase yang mudah diingat yang mempunyai kenangan pada diri Anda. Penggunaan bahasa alay, pada password justru lebih baik. Misalkan Anda punya kenangan dengan pacar pertama pada bernama dewi, maka passwordnya, “p4c4r1kud3w1”. Password pada umumnya menggunakan nama anggota keluarga, kombinasi tanggal dan tahun kelahiran. Jika tidak percaya, coba tebak password akun orang lain, dengan kombinasi nama-nama anggota keluarga dan tanggal lahirnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *