Fungsi Tags pada Artikel

Tag adalah label atau penanda atau kata kunci non-hirarkis yang disematkan pada sumber informasi berupa dokumen digital, file komputer, artikel, dan gambar. Penyematan tag bersifat metadata artinya informasi yang ditanam pada sebuah file berisi penjelasan tetang objek file yang bersangkutan tidak tampak langsung pada objek. Contohnya gambar hasil kamera berisi metadata yang tidak terlihat langsung di gambar, namun informasi detil gambar dapat dilihat dengan klik kanan mouse -> properties.

Pemberian tag (tags) pada artikel memungkinkan Googlebot lebih cepat merayapi dan menemukan dokumen dari web untuk membuat indeks mesin pencari. Googlebot adalah software robot yang digunakan Google untuk mengumpulkan dokumen di situs web. Dari eksperimen yang tercatat pada log blog ini, nampaknya mesin pencari mengindeks kategori, judul artikel, dan tag lebih dulu dalam daftar indeks sebelum mengindeks bagian yang lain.

Jika kategori bertujuan untuk mengelompokkan, mengorganisir banyak artikel sehingga lebih mudah ditemukan manusia maupun robot mesin pencari, fungsi tag mirip kategori namun lebih fleksibel, lebih bebas, lebih sederhana daripada kategori yang hirarkinya komplek. Keduanya mempunyai kesamaan fungsi yaitu agar lebih mudah dan lebih cepat ditemukan kembali oleh pembuatnya maupun oleh robot mesin pencari karena telah ditandai (tagging), meskipun jumlah artikel banyak sekali. Keuntungan  pemberian tag, robot mesin pencari juga akan membuat link artikel, kecuali robot dicegah mengindeks tag dengan file robot.txt.

Fungsi tags dapat juga sebagai pengait, koneksi antara artikel satu dengan lain dengan tag sama meskipun berbeda kategori. Robot mesin pencari juga mengelompokkan artikel-artikel lain dari situs web yang berbeda berdasarkan tag yang sama. Administrator situs web dan robot mesin pencari dimudahkan dengan pemberian tag pada artikel. Googlebot bekerja seperti payaknya manusia, jika disukai manusia karena mudah maka disukai juga oleh Googlebot.

Manfaat tag dari segi Search Engine Optimization (SEO) pemberian tag yang tepat akan meningkatkan popularitas artikel pada indeks mesin pencari. Akan tetapi jika tag tidak relevan dengan artikel, tidak ada frase tag dalam artikel, dan jumlahnya berlebihan maka akan dianggap sampah (spam). Pengunjung manusia akan menilai buruk artikel yang dikunjungi karena tag dan isi tidak relevan. Para spammer sering menggunakan tag yang jumlahnya berlebihan dan tidak relevan isi artikel sama sekali untuk mengelabui kunjungan ke web sitenya.

Idealnya tag pada satu artikel tidak lebih dari 8 frase dan menggunakan kata kunci yang relevan dengan isi artikel. Jika pengisian tag tidak relevan dan menggunakan kata kunci berlebihan, mesin pencari Google memasukkan ke Google Sandbox. Tag atau artikel  yang telah diindeks mesin pencari hapus dari daftar laman indeks SERP (Search Engine Result Pages) Google. Nah, mesin pencari semakin pintar membedakan situs web yang berisi artikel bermutu dan yang berisi kumpulan tag atau kata kunci saja.

Ketika seorang pada browser dengan mesin pencari Google mengetik kata kunci (keyword) yang sama dengan tag, maka Google memberikan daftar link dengan tag sama pula. Peringkat tergantung popularitas situs web dan artikel yang ditentukan oleh algoritma Google. Pada eksperimen ini saya memberi tag "belanja tidak dipecah-pecah"  pada artikel. Alasan pemilihan frase tag karena pengunjung datang dan menemukan artikel dari referensi Google dengan kata kunci tersebut kemudian saya buat menjadi tag. Jika pengunjung mengetik kata kunci "belanja tidak dipecah-pecah" pada daftar laman indeks Google pada saat artikel ini ditulis ada di peringkat pertama. Kata kunci dan tag dapat digunakan untuk meningkatkan kunjungan manusia atau mesin pencari ke situs web jika dibuat dengan tepat.

3 gagasan untuk “Fungsi Tags pada Artikel

  1. Gaya kita

    thanks mz infonya ,…jadi tag itu hampir sama seperti keyword content …gt ya mz..

    My answer:"Yup begitulah… bedanya keyword tidak diberikan indeks link oleh Google, tapi tag diberikan langsung link ke artikel."

    Balas
  2. kemasx

    kalau tag blogspot dofollow apa pengaruhnya ya dan bagaimana merubahnya? sebelumnya terima kasih sudah membantu….

    My answer:"Dofollow: link pada komentar akan ditelusuri oleh robot mesin pencari dan dianggap sebagai backlink yg berpengaruh peningkatan pagerank terhadap link target. Para komentator suka blog yg dofollow karena mendapat backlink, pemilik blog dofollow pun bertambah trafik karena lebih sering dikunjungi para komentator. Tapi pengaruh buruknya, terlalu banyak koment pada blog yg dofollow akan mengganggu dianggap sebagai spam, bahkan mungkin kena sanksi Google Sadbox. Ubah: ganti ke nofollow…"

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *