Google Webmaster Tools HTML Improvements

Pada tanggal 28 Mei 2012 saya memesan tiket online maskapai penerbangan dengan dominan tampilan situs web berwarna hijau dan mengalami masalah, isian tidak tersimpan ketika menginput data penumpang kedua. Ketika saya mengisi form layanan kontak kami situs web tersebut pengaman spam paling sulit dari yang pernah saya alami, CAPTCHA membuat sakit mata dan selalu salah meskipun telah dibesarkan tampilannya. Langkah selajutnya teriak minta tolong menelepon ke contact center. Agen yang melayani di ujung telepon menanyakan, “Browsernya apa Pak?” Firefox 12 jawabku. “Coba dengan Internet Explorer atau Google Chrome karena dengan Firefox belum support”, begitu sarannya. Kemudian saya coba dengan Chrome 19.0.1084.52 tapi belum bisa juga, mungkin yang belum kompatibel dengan Chrome 19. Akhirnya pemesanan tiket dilakukan melalui telepon dan berhasil meskipun ada kesalahan pengejaan nama.

Permasalahan kompatibilitas browser seharusnya tidak menjadi masalah di masa sekarang dan perancang/pengembang situs web harus memperbaikinya. Karena bagi perusahaan berorientasi profit, permasalahan sepele layanan web tidak dapat diakses sempurna oleh browser populer akan mengurangi peluang terjadinya transaksi dan hilangnya keuntungan.

 

Dari pengalaman dengan layanan reservasi tiket online tersebut saya teringat permasalahan HTML blog ini dan menengoknya di Google Webmaster Tools. Tag judul, deskripsi meta tag yang ganda telah hilang dari indeks Google. Manfaatnya akan memberikan informasi yang lebih akurat hasil indeks Google meskipun jika terjadi tag judul dan meta deskripsi ganda Google pun tetap mengindeks. Memang terkait page rank dan jumlah kunjungan ke blog sangat dipengaruhi oleh kualitas dan kuantitas isi tulisan, tetapi tidak ada salahnya ikuti saran Google Webmaster Tools. Apalagi blog ini hanya untuk eksperimen dan catatan harian, bukan tujuan komersial yang keuntungan dari pendapatan iklan dan lain-lain dipengaruhi oleh jumlah kunjungan.

Pesan dari Google Webmaster Tools versi bahasa Indonesia dan Inggris sebagai berikut:

“Penyempurnaan HTML Terakhir diperbarui 28 Mei 2012

Kami tidak mendeteksi masalah konten dalam situs Anda. Saat kami menjelajahi situs Anda, kami memeriksa untuk mendeteksi potensi masalah pada isi laman, termasuk tag judul atau deskripsi meta yang bermasalah, hilang, atau rangkap. Masalah ini tidak akan menghalangi munculnya situs Anda dalam hasil penelusuran Google, tetapi dengan memberi perhatian kepada masalah tersebut dapat memberi Google informasi lebih lengkap dan bahkan membantu mengarahkan lalu lintas ke situs Anda. Misalnya, teks judul dan deskripsi meta dapat muncul di hasil penelusuran, dan teks yang berguna dan deskriptif lebih mungkin untuk diklik oleh pengguna. Informasi lain

Terakhir diperbarui 28 Mei 2012

HTML Improvements Last updated May 28, 2012

We didn’t detect any content issues with your site. As we crawl your site, we check it to detect any potential issues with content on your pages, including duplicate, missing, or problematic title tags or meta descriptions. These issues won’t prevent your site from appearing in Google search results, but paying attention to them can provide Google with more information and even help drive traffic to your site. For example, title and meta description text can appear in search results, and useful, descriptive text is more likely to be clicked on by users. More Information

Last updated May 28, 2012”

Masalah serius lain pada blog ini adalah CSS dan HTML belum valid, namun dua kesalahan Validator HTML 1.1, penulisan kode dapat diperbaiki berkat bantuan Forum Diskusi WordPress Indonesia. Pesan error validator HTML sebagai berikut:

Setelah diedit kode Plugin WP Download Manager, dari kode

maka hasilnya, “This document was successfully checked as XHTML 1.1!”. Ternyata tidak sulit bagi seorang bloger pemula yang pekerjaan sehari-hari tidak terkait komputer dan 99% pekerjaan manual. Masalah yang belum sempat diatasi adalah CSS yang tidak valid.

Semula saya ingin merancang blog melalui jasa pembuatan web sites, tetapi batal karena belum percaya setelah melihat hasil situs web yang dibuat oleh jasa pembuatan blog dan hasil page load, Google page speed, YSlow tidak memperoleh nilai A serta error HTML maupun CSS-nya. Penting bagi jasa pembuat web site untuk meningkatkan reputasinya dengan mengoptimasi web site buatannya agar mendapat kepercayaan di hati calon pelanggan. Maka dengan modal nekat dan berani ngawur berhasil membuat blog sendiri dengan bantuan Google. Instalasi NNF, Next -> Next -> Finish, akhirnya blog dapat online.

Untuk optimasi kecepatan loading blog dan lain-lain saya gunakan alat dan saran dari GTMetrix, Tools Pingdom dan Web page test.  Hasilnya dapat Anda lihat dan nilai sendiri.

Satu gagasan untuk “Google Webmaster Tools HTML Improvements

  1. rumah dijual

    Pak.. informasinya sangat menarik, saya menemukan blog bapak karena saya ada masalah dengan website saya dan akhirnya saya putuskan satu persatu untuk membaca perintah dari google. Info bapak ini sangat bermanfaat dan saya berterima kasih

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *