Tips Hemat Kapasitas Penyimpan dan Bandwith Share Hosting

Blog WordPress dengan hosting sendiri perlu hemat kapasitas penyimpanan dan hemat bandwith. Meskipun berlangganan share hosting kapasitas tanpa batas (unlimited), sebenarnya ada pembatasan jumlah maksimum index-node (inode) dalam akun. Apalagi harga setiap kilo bit data yang diunduh melalui browser bernilai rupiah yang harus dibayar oleh pengunjung. Pengunjung akan diuntungkan jika semakin kecil data yang diunduh, yaitu dari sisi kecepatan dan harga per kilo bit data ketika membuka laman situs. Karena agar pengunjung dapat mengakses laman situs dari komputernya ke server harus membayar sejumlah uang ke penyedia jasa jaringan internet yang harganya ditentukan berdasarkan kapasitas data yang diunduh.

Pada blog dengan CMS WordPress kapasitas penyimpanan dan bandwith dapat dihemat hingga 70% dengan cara optimasi file gambar. Konsepnya sisipkan gambar pada artikel sesuai ukuran yang dibutuhkan dan optimasi dengan perangkat lunak, misalkan Image Optimizer. Jika gambar akan ditampilkan hanya ukuran 600×400 pixel, jangan unggah file gambar ukuran 2800×1440 pixel dengan mengandalkan kompresi dan pemotongan (cropping) oleh WordPress. Semakin besar pixel, semakin besar pula ukuran file gambar. Hindari pengaturan gambar otomatis oleh WordPress apabila tidak dibutuhkan karena pada server akan dibuat tiga hingga empat file gambar yang sama, hanya saja berbeda ukuran pixel.

 Langkah-langkah optimasi file gambar:

  1. Login sebagai admin di WordPress;
  2. Klik menu Settings, lalu pilih Media;
  3. Media Settings ->> Image Sizes ->>;
  4. Thumbnail size, Medium size, Large size ->> width dan height isi 0.

Apabila diisi dengan angka selain 0 maka pada server akan dibuat file tambahan dengan ukuran sesuai ukuran pixel sejumlah tiga buah (thumbnail, medium, large) dan satu file original size. Sedangkan jika ukuran telah ditentukan sebelumnya dibuat aturan (rules) sisipkan gambar, maka hanya ada satu file pada server dengan ukuran pixel original size. Jika sudah terlanjur diatur beberapa file berbagai ukuran maka file-file tersebut dapat dihapus dari cPanel.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *