Tahu Pojok Magelang

Tahu Pojok adalah sebutan warung yang menjual kupat tahu makanan khas Magelang. Dikenal tahu pojok karena pada mulanya letak warung di pojok alun-alun Magelang yang berdiri sejak tahun 1952. Sekarang letak warung tahu pojok di Jalan Tentara Pelajar kios no 14 Magelang,  jalan satu arah dari arah Akademi Militer (Akmil) menuju alun-alun kota Magelang. Warung dicat warna kuning yang sebelumnya hijau, tepatnya di depan bank Mandiri Syariah. Pemilik warung yang menjual menu kupat tahu ini Bu Setu.

Beberapa warung yang menjual menu serupa di kios dekat tahu pojok, Jalan Tentara Pelajar sama nikmatnya tetapi menurut selera saya yang paling tepat adalah tahu pojok Bu Setu. Beberapa pengunjung dari luar kota di warung ini selain makan nampaknya mengenang kembali masal lalu ketika di Magelang. Nampaknya zaman dulu mereka mengantar kerabatnya atau siswa di Akmil dan warung pojok lah tempat makan favorit pada masanya maka ketika kini mereka menjadi pejabat mengunjungi dan makan kembali di warung itu lagi. Salah satu mantan pejabat negara fotonya ketika mengunjungi warung, terpampang di warung tahu pojok.

Kupat tahu tentu saja isinya ketupat dan tahu. Tahu digoreng dengan api dari arang lalu dipotong-potong, ditambah sayur-sayuran, kubis, tauge, dan bawang goreng lalu disiram bumbu/sambal kacang, gula merah dan disajikan dengan ketupan. Tingkat kepedasan, tidak pedas, sedang, dan pedas dapat diminta sebelum makanan disajikan. Lezat sekali rasanya, apalagi dimakan dengan lauk sate udang goreng seharga Rp 2.000 per tusuk.

Berapa sih harga seporsi kupat tahu?

Tidak perlu khawatir kuliner yang diposting di blog ini terjangkau kantong rakyat. Harga satu porsi pada tahun 2006 Rp 6 ribu-an meningkat Rp 7 ribu-an pada tahun 2009 dan pada awal tahun 2012 setelah isu kenaikan BBM menjadi Rp 9.000. Warung ini buka sejak pukul 09.30 s.d. 20.30 setiap hari.

Satu gagasan untuk “Tahu Pojok Magelang

  1. Pantoro Tri

    Mas aku minta izin gambarnya untuk tambahan gambar di spaduk boleh nggak, untuk promosi aja tahu kupat khas Magelang gitu,..

    My answer: Silakan, boleh. Gratis kok.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *