Kuliner Magelang Iwak Kali

Kuliner Magelang pada saat melalui Jalan Raya Magelang – Yogyakarta dari arah Semarang atau dari arah Borobudur, salah satunya adalah warung makan Purnama. Warung makan Purnama terletak di pinggir sungai Pabelan, gang kecil sebelum jembatan Pabelan di kecamatan Muntilan kabupaten Magelang. Dari arah gang ini lalu lalang truk pengangkut pasir yang pengemudinya juga menjadi langganan warung makan Purnama. Seperti pada umumnya warung yang melayani sopir truk yang butuh banyak karbohidrat, pada warung ini volume nasi satu piring penuh, maka bila terbiasa makan nasi dengan volume sedikit sebaiknya minta nasi separuh porsi saja. Suasana warung sederhana, kursi pada jam makan siang kadang-kadang antri di antara kepulan asap rokok pengunjung yang berasal dari berbagai kalangan.

Ada suatu yang berbeda dengan warung ini dari warung lainnya. Mobil-mobil plat nomor luar kota banyak berjajar di pelataran parkir. Di samping harga murah yang membuat warung ramai pengunjung adalah rasa. Sebagai tolok ukur keramaian pengunjung dapat sebagai indikator masakan, jika pelataran parkir ramai dengan sepeda motor plat nomor lokal maka biasanya murah, tetapi jika ramai dengan mobil plat nomor luar kota setempat, dan ada mobil kategori harga di atas 300 jutaan biasanya rasa makanan enak.

Harga makanan di warung ini murah dan menu pun beragam. Lauk terdiri dari ayam goreng, burung dara goreng, ikan bawal, mujair, gurami, lele, wader/bader, udang air tawar dan lain-lain. Menu ikan lele atau bawal dimasak santan pedas (mangut) salah satu masakan yang disukai pengunjung dan udang goreng. Di warung tersebut, saya suka menu iwak kali (ikan air tawar), udang goreng dan bawal yang dimasak santan pedas. Udang goreng dan wader dijual pula dalam plastik bening seharga Rp 17.500. 

Berapa uang yang dibelanjakan agar dapat makan kenyang di warung Purnama?

Seri kuliner pada blog ini memilih dan merekomendasikan harga sekali makan dan minum maksimum Rp 20.000. Contoh foto di bawah dengan menu nasi super duper, ikan bawal pedas, udang goreng, sayur tahu santan dan es jeruk semuanya Rp 16.000. Warung buka sejak pukul 08.30 s.d. 20.30 setiap hari.

Mangut Bawal

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *