Login Admn Error 404 Not Found

Pada hari Minggu 11 Maret 2012, blog ini tidak dapat login adm*n dan muncul pesan header, “404 Not Found” dan “The page you’re looking for can’t be found”. Perubahan yang terakhir saya ingat adalah gagal update plugin karena koneksi internet putus. Sedangkan kode mana saja yang diubah sehingga mengakibatkan kesalahan telah lupa karena tidak setiap hari buka blog ini. History, cookies, cache, dan active login browser sudah dihapus pula.

Aksi pertama karena tahu kemungkinan penyebab adalah plugin maka plugin di deactivate dari cPanel, apalagi error log ada plugin yang galat. Cara hapus plugin dari cPanel. Buka cPanel -> phpMyAdm*n -> klik table name -> Wp_Options -> active_plugins -> klik edit (pensil) -> hapus plugin di option_value -> klik Go to save. Setelah dihapus tetap tidak bisa buka login adm*n.

Untungnya setiap minggu selalu backup Home Directory dan Database dari cPanel ke komputer. Ketika malas mikir perbaiki kesalahan dengan tekan tombol klik restore, ditinggalkan beberapa menit, biarlah komputer yang otomatis bekerja sendiri, maka blog akan kembali pulih seperti semula.

Namun apa yang terjadi?

Ketika proses penulisan ke diska server tempat hosting, staff adm*n*strator mengawasi aktifitas akun mengirim pesan sebagai berikut, “Kami mencoba melakukan pengecekan dan mendapatkan laporan bahwa akun hosting anda menggunakan resource server terlalu besar dan membuat beban kinerja server menjadi berat. Berikut ini adalah informasi load aktivitas akun anda diserver… Karena hal tersebut, maka dengan terpaksa akun anda kami suspend sementara demi kelancaran aktifitas server. Silahkan reply kembali tiket ini jika anda ingin melakukan perbaikan dan pemeriksaan terhadap akun anda dan apabila setelah melakukan pemeriksaan tersebut ternyata akun anda masih tetap memberatkan server, maka akan kami suspend kembali… kami sarankan anda untuk mempertimbangkan layanan Dedicated seperti Colocation/Dedicated Server atau minimal VPS dikarenakan akun anda sudah tidak cocok di server shared hosting melihat dari resource server yang anda gunakan”.

Sebagai pelanggan share hosting yang harus berbagi resource satu server dengan ratusan pelanggan lain, saya maklum dengan pemberhentian sementara atas paket murahnya. Kontak 24 jam MWN saya kirimi pesan ke staff dari Yahoo! Messenger agar diaktifkan untuk diperbaiki, dalam waktu tiga menit dijawab dan diaktifkan. Uptime server tempat hosting blog ini sekitar +- 90-an persen (akun lain hingga 95-an %, tergantung kondisi server) dengan alasan bukan blog untuk komersial dan isi data tidak terlalu penting, hingga kini saya masih setia pada MWN #1 Webhosting in Indonesia demi mendukung produk dalam negeri, meskipun produk luar negeri menawarkan jasa dengan harga bersaing unlimited bandwith, unlimited storage, dan jaminan uptime 99,9%.

Setelah diaktifkan staff MWN lalu Error 404 Not Found saya perbaiki dari cPanel. Cara ini adalah salah satu solusi tidak dapat akses login adm*n, di antara banyak solusi lain dengan cara menulis kode untuk mengubah file .htaccess. Langkah-langkah sebagai berikut:

  1. login cPanel;
  2. Tab Security -> Hotlink Protection ;
  3. Status Hotlink Protection is currently enable;
  4. Configure Hotlink Protection -> URLs to Allow Access;
  5. Isi form http://domain-name.com, http://www.domain-name.com, http://www.domain-name.com/wp-adm*n, http://static.isnan-wijarno.com/akutahuinibukanloginadm*nku.  URL untuk masuk login adm*n (wp-adm*n) saya ubah “akutahuinibukanloginadm*nku” yang sebenarnya redirect ke wp-adm*n, yaitu alamat baku login adm*n wordpress http://www.domain-name/wp-adm*n;
  6. Klik pada ikon paling bawah Submit. Pesan error akan muncul jika .htaccess belum diubah menjadi rewritable. Ubah .htaccess di direktori public_html untuk sementara waktu menjadi rewritable, lalu kembalikan read only.
  7. Setelah berhasil login adm*n, kembalikan lagi pengaturan keamanan dengan menghapus atau ubah kode URLs to Allow Access (wp-adm*n) agar tidak diakses publik, hanya http://domain-name.com, dan  http://www.domain-name.com. Meskipun tidak menjamin keamanan 100%, apalagi share hosting yang keamanan sangat tergantung keamanan server, tetapi mengubah URL login adm*n dapat menambah keamanan blog. Ada cara pengamanan data yang lebih baik, jangan sambungkan komputer ke jaringan internet, simpan data di gudang dan jaga dengan pasukan bersenjata, tetapi Anda tentu tidak memilih ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *