Nomor Tanda Terima Elektronik SPT

 

Setelah formulir SPT elektronik diisi pada artikel sebelumnya dan melakukan kirim data dengan cara memasukkan kode verifikasi yang diperoleh dari Direktorat Jenderal Pajak, maka tahap selanjutnya akan menerima bukti pengiriman via email. Bukti pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi melalui internet namanya Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE). Tanda terima ini mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan tanda terima bentuk kertas. Wajib Pajak tidak perlu lagi datang atau mengirim SPT tahunan dalam bentuk kertas ke Kantor Pelayanan Pajak tempat terdaftar.

Dasar pelaksanaan SPT elektronik (e-filing) adalah Peraturan Dirjen Pajak Nomor 39/PJ/2011 tanggal 23 Desember 2011.

Contoh NTTE pada gambar di bawah ini.

One thought on “Nomor Tanda Terima Elektronik SPT

  1. Arif Junaidi

    Saya sudah lapor SPT Tahunan, tapi langsung ke loket kantor pajak di tempat perusahaan saya berada. Ada dua poin yang masih membuat saya bingung diantaranya adalah Status Nihil dan Pembetulan. Nah, Kalo Status Nihil maksudnya apa dan bagaimana pak? Mohon penjelasannya. terima kasih

    My answer: Status Nihil artinya pajak yang telah dipotong/dibayar sama dengan pajak yang terutang (harus dibayar) sehingga pada SPT tahunan tidak ada setoran tahunan/nihil PPh pasal 29. Sedangkan status pembetulan jika pada tahun yang sama telah melaporkan SPT lebih dari 1x.

    Reply

Tinggalkan Komentar

Alamat email tak dipublikasi. Panjang komentar 100-600 karakter. Wajib diis! *

4 + 8 =   <= Wajib jawab kuis, sebelum...