Cara Ubah URL Logn Admnstrator Joomla

Alamat URL situs web logn untuk akses adm*nistrasi semua adm*n*strator Joomla bawaan (default) sama yaitu: http://domainname/adm*n*strator.  URL dapat diubah (rename) sesuai keinginan sebagai salah satu cara mengurangi risiko kemungkinan pihak yang tidak berhak mengakses adm*n*strasi Joomla. Nama user adm*n*strator yang pada umumnya “ad**n” atau “adm*n*strator” juga bisa diubah dengan nama lain.  Tentunya juga harus didukung dengan kata kunci (password) yang kuat agar tidak mudah dibobol.

Memang data yang terhubung internet tidak ada yang benar-benar 100% aman, tapi kedua cara di atas mengurangi risiko jika ada peretas ([email protected]*r) pemula yang ingin mengubah dengan cara coba-coba. Sedangkan para peretas yang berpengalaman dapat mengubah data dengan cara lain misalkan dengan injeksi yang dapat dilakukan tanpa menyentuh username, password, dan  URL  log*n adm*n*strator.

Banyak ekstensi security system Joomla, salah satunya Plugin Secure Authentication yang dapat mengubah nama URL dengan kunci rahasia untuk melindungi URL log*n ad**n. Alamat URL logn ad**n yang baru setelah diubah http://yoursitename/adm*n*strator/?yoursecretkey.

Caranya aktifkan plugin Secure Authentication yaitu log*n sebagai adm*n*strator lalu buka, Extensions > Plug-in Manager: System – Secure Authentication. Ketik pada form key dengan alamat rahasia sesuai keinginan, misalkan “alamatrahasiaadm*n” sebagai alamat baru untuk mengakses adm*n*strasi Joomla. Pengaturan pada detil yaitu Status “Enabled” dan Access “Public”.

Figure di bawah.

 

Kemudian untuk mengubah nama user ad**n, log*n sebagai adm*n*strator. Contoh URL http://isnan-wijarno.net/adm*n*strator/?alamatrahasiaadm*n untuk akses log*n ad**n. Buka User Manager lalu ubah nama user (rename user) yang status sebagai adm*n*strator. Kemudian log*n dengan user name yang baru “bukan ad**n” dan masukkan password, klik ikon Log*n.

Figure di bawah

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *