Apakah e-Filing?

Anda tidak tahu e-Filing lalu bertanya kepada Google dan diarahkan untuk membaca catatan ini berarti anda “tersesat” (kesasar). Betul anda “tersesat”… e-Filing ditulis dengan huruf miring (italic) dengan ‘F’ huruf besar dan tanda ‘-‘ setelah huruf ‘e’. Tautan diarahkan ke situs berbahasa Indonesia, apakah orang-orang di luar negeri sana tidak menggunakan istilah e-Filing?

Gampang-gampang susah menyerap istilah asing lalu mengartikannya dalam bahasa Indonesia. Apalagi menggunakan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar dari istilah serapan tersebut. Salah satu contoh untuk menjelaskan pada masyarakat awam di pedesaan untuk istilah Account Representative jabatan di kantor pajak adalah mantri pajak merupakan istilah yang paling gampang diterima oleh mereka.

Telah menjadi kebanggaan bangsa kita di era sekarang, konon dianggap terpelajar bila dalam artikelnya terdapat istilah asing meskipun ada istilah padanan kata bahasa Indonesia. Pada aturan pelaksanaan e-Filing ditemukan pula istilah di-generate, on-line, website, real time, dan sebagainya.

e-Filing tidak mengacu pada arti pemberkasan secara elektronik (electronic filing), namun merupakan suatu cara pengisian formulir yang proses pengiriman (submitting/sending) data secara elektronik melalui internet. Makna ‘filing‘ pada ‘e-Filing‘ lebih dekat kata mengisi (fill in or fill out: to complete (a form, for example) by providing required information, to add information such as your name or addresses in the empty space on document or form). E-Filing merupakan produk impor tiruan dari Amerika yang merujuk pada e-file, e-filing yaitu istilah yang digunakan Internal Revenue Service (IRS) untuk melayani pembayar pajak dengan mengisi form dan mengirimkan melalui internet. Di Amerika e-filing ditulis dengan huruf ‘f’ kecil sebagai pembeda produk asli dan produk Indonesia, tiruannya, sengaja ditulis dengan ‘F’ huruf besar agar tidak dianggap salah kutip.

Berikut ini kutipan peraturan Dirjen Pajak 39/PJ/2011 tanggal 23/12/2011 “e-Filing adalah suatu cara penyampaian SPT Tahunan secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak (www.pajak.go.id) atau Penyedia Jasa Aplikasi atau Application Service Provider (ASP)”. Pada awal bulan Pebruari 2012 wajib pajak Indonesia dapat mengirimkan data Surat Pemberitahuan Tahunan pajak penghasilan bagi karyawan secara elektronik melalui internet.

Dengan demikian, e-Filing adalah cara pengiriman data atau aplikasi pengisian formulir SPT secara daring (dalam jaringan) internet. Daftarkan diri Anda untuk menyampaikan SPT tahunan melalui internet secara cepat, mudah, dan murah daripada harus datang sendiri ke kantor pajak. Gitu aja kok repot.

2 gagasan untuk “Apakah e-Filing?

  1. riska

    Pak… e-filing ini cuma bisa laporan SPT Tahunan saja???
    untuk seperti laporan SPT Masa/Bulanan, PPh, PPn bagaimana, apakah bisa pakai e-filling

    terimakaasiih

    My answer: Pelaporan online melalui situs ditjen pajak, sementara hanya SPT tahunan, sedangkan pelaporan SPT masa secara online dapat melalui situs penyedia aplikasi yang berbayar.

    Balas
  2. bowi

    tetap repot pak ISnan, bagaimana jika Penyedia Jasa Aplikasi atau kerennya Application Service Provider (ASP) tiba-tiba tidak bisa dihubungi dan ternyata bangkrut : |

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *