Update Firmware Samsung Galaxy Ace dengan Kies

Samsung Galaxy Ace GT-S5830 tipe telepon pintar (smartphone) dengan kecepatan prosesor 800 Mhz dirancang kompatibel Android for smartphone versi 2.x.x. Urgensi mengapa perlu pembaruan perangkat tegar (firmware) atau perangkat lunak bawaan dengan perangkat lunak terbaru karena untuk menyesuaikan perkembangan aplikasi dan menambal kesalahan program (bug) yang ditemukan kemudian yaitu jeda waktu firmware pada saat perangkat telepon dibuat dan perkembangan aplikasi terkini yang perlu penyesuaian.

Ratusan ribu aplikasi yang tersedia di Android Market, kemudahan memasang dengan klik klik dan klik, salah satu urgensi perlunya pembaruan firmware agar aplikasi yang dipasang pada smartphone  kompatibel. Jika firmware tidak diperbarui maka peluang kegagalan aplikasi berjalan sempurna di smartphone semakin besar sehingga dapat menyebabkan smartphone tidak dapat digunakan.

Smartphone "telepon pintar" untuk orang pintar, sayang sekali jika digunakan oleh pengguna yang tidak pintar. Indikasi tidak pintar yaitu pengguna mengeluh kepala pusing akibat smartphone hilang dan data diunggah di internet atau disalahgunakan pihak yang tidak bertanggung jawab. Ada juga keluhan kepada teman bahwa nomor kontak di smartphone terhapus, akibat kerusakan fisik atau pemasangan aplikasi dari Android Market menyebabkan perangkat tidak bisa berjalan (running). Telepon pintar dapat menyelesaikan masalah-masalah tersebut apabila pengguna sedikit pintar, yaitu:

Pertama, manfaatkan kata sandi (password) untuk melindungi smartphone demi mengurangi risiko ketika perangkat hilang lalu data digunakan oleh pihak yang menemukan, kecuali pihak yang menemukan dapat membuka password. Apabila password tidak dapat dibuka, maka jika direset (factory reset) data di dalamnya akan hilang, isi seperti perangkat baru. Risiko berkurang,  kerugian senilai harga perangkat.

Kedua, cadangkan (backup) secara rutin pada periode tertentu dan simpan cadangan di tempat yang aman. Aplikasi Kies memberi alternatif beberapa metode pencadangan. File cadangan disimpan pada hard disk komputer atau media penyimpanan lain dengan password  atau ditambah keamanan dengan enkripsi. Jika sewaktu-waktu smartphone rusak dapat dipulihkan (restore) dari file cadangan dan akan kembali seperti semula pada saat file cadangan dibuat.

Ketiga, cadangkan dengan aplikasi yang tersedia di smartphone. Sebagai contoh smartphone berbasis sistem operasi Android memungkinkan penyimpanan data dan pengaturan aplikasi di akun Google. Bahkan, pemasangan aplikasi dan penghapusan juga dapat dikontrol dari jarak jauh (remote) dengan log in di akun Google. Dengan demikian apabila smartphone rusak atau hilang dan perangkat digunakan untuk akses internet, maka pemilik yang sah dapat mengendalikannya. Misalkan apabila pada perangkat diotomasi sinkornisasi dengan akun Google, ketika data di akun Google dihapus, maka aplikasi, email dan data lain di smartphone akan sinkron pula.

Langkah-langkah pembaruan firmware Samsung Galaxy Ace dengan Kies.

1. Perbarui Kies dengan yang terbaru, per 9 Nopember 2011 versi 2.1.0.11095.xx.

2. Setelah Kies versi terbaru dipasang, sambungkan perangkat dengan kabel USB;

3. Sambungkan koneksi internet, Kies memberikan informasi firmware yang terpasang di perangkat dan yang terbaru;

Foto dari Flickr: Isnan Wijarno

Embed Flickr Image: Click Picture to Enlarge

Gambar 1, informasi update firmware lihat nomor 1 dan 2. klik untuk perbesar.

Kies-Pop-up-update-Samsung-Ace

Flickr Image

4. Gambar 2 berikut, detil perangkat klik GT-S5830, nomor 1, "Tersedia firmware baru" pada nomor 2, upgrade firmware klik tombol nomor 4, tetapi sabar sejenak. Pastikan koneksi internet tidak terputus selama proses pembaruan dan Anda telah melakukan pencadangan data dari smartphone ke komputer.

Upgrade Firmware Menu Info

Flickr Image

5. Cara pencadangan lihat gambar 3 berikut, klik nomor 1 tab (ekspor/impor), lalu nomor 2 untuk ekspor. Tombol dekat area nomor 3 adalah pilihan cadangan secara parsial;

Ekspor Kontak sebelum Update

Flickr Image

6. Gambar 4 untuk pilihan cadangan/pemulihan total. Setelah pencadangan selesai lanjutkan ke langkah berikutnya;

Backup All

Flickr Image

7. Gambar 5 screenshot  pasang pembaruan setelah klik tombol “upgrade firmware” gambar 2 nomor 4;

Proses Pasang Update

Flickr Image

8. Gambar 6 berikut, screenshot mengunduh komponen upgrade firmware. Jangan lepaskan kabel yang tersambung dari smartphone ke komputer. Perangkat masuk mode unduh, pada layar muncul teks warna kuning “Downloading…”. Setelah firmware terbaru  terpasang,  perangkat akan restart;

Perkembangan Upgrade

Flickr Image

9. Gambar 7 berikut, pesan pemberitahuan pemutakhiran perangkat telah selesai. Informasi menunjukkan versi build numberGINGERBREAD.DDKQ6”, klik tombol konfirmasi. Sukses!!!;

Pesan Sukses Update Samsung Ace

Flickr Image

10. Gambar 8 berikut,  hasil pembaruan dengan informasi, “Ini adalah firmware terbaru” nomor 2 dan nomor 3 versi build number.

Update terbaru Firmware Kies-2.1.xx

Flickr Image

Rasakan bedanya memakai smartphone dengan firmware terbaru untuk browsing di Android Market setelah menunggu proses pembaruan beberapa menit dalam perasaan cemas.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *