Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) 64 bit

Arsitektur prosesor buatan tahun 2008 dan sesudahnya sebagian besar telah mendukung sistem operasi versi 64 bit. Begitu pula produksi Random Access Memory (RAM) semakin besar kapasitas per kepingnya hingga melebihi batasan yang dikenali oleh sistem 32-bit yang hanya 4 GB. Sayang sekali apabila perangkat keras yang telah dibeli tersebut tidak digunakan secara optimal. Apalagi komputer digunakan untuk mengolah file dengan ukuran besar, editing video, foto,  dan aplikasi berat yang rakus memori.

Beda sistem 32 bit dan 64 bit.

Beda antara 32 bit dan 64 bit mengacu pada ukuran data (32/64) bit memori yang dikelola prosesor (CPU) dalam mengolah data. Pada umumnya prosesor dengan arsitektur 64-bit mengolah data lebih cepat daripada 32 bit. Sitem 64 bit kapasitas memori (RAM) yang mampu diolah juga lebih besar dan lebih efektif daripada sistem 32-bit. Dari segi keamanan sistem 64 bit lebih aman dari serangan virus sehingga mengurangi peluang kehilangan data dari media penyimpan.

Masalah yang sering ditemui pada sistem 64 bit

Jika akan beralih ke sistem 64 bit pertimbangkan kemungkinan masalah yang muncul akibat kegagalan pada proses instalasi maupun kompatibilitas aplikasi 32 bit yang tidak dapat berjalan pada 64 bit. Terutama driver 64 bit dirancang khusus, driver perangkat keras 32 bit tidak dapat digunakan pada 64 bit. Semua program aplikasi 64 bit tidak bisa berjalan di 32 bit. Namun apabila masih memerlukan aplikasi 32 bit yang tidak kompatibel dan belum ada versi 64 bit-nya, dapat dengan instal secara virtualisasi di 64 bit dalam lingkungan sitem 32 bit.

Migrasi dari sistem 32 bit ke 64 bit di Linux maupun Windows tidak dengan upgrade sistem, namun fresh install. Bahkan pada Windows 7 64 bit apabila format partisi hard disk tidak dengan DVD installer-nya akan mengalami masalah hard disk error, master file tabe (MFT) error, tidak bisa diinstal aplikasi baru dan selalu scan disk ketika booting.

Jadi apabila RAM tidak lebih dari 4 GB, beralih ke 64 bit kurang terasa perubahannya, dan peluang menemui banyak masalah yang lebih sedikit bantuan tautan dari pencarian Google. Namun apabila sering bekerja dengan banyak aplikasi yang berjalan bersamaan dan RAM yang tersedia lebih dari 4GB dan akan menambah hingga puluhan GB lagi, beralih dari satu aplikasi satu ke yang lain, tanpa perlu kuatir komputer akan lamban merespon perintah, macet atau tidak merespon maka pilihan sitem 64 bit adalah paling tepat.

Contoh masalah yang ditemui pada waktu instalasi Ubuntu desktop edition X64 versi 10.04

Ubuntu 10.04 gagal menulis berkas ke SATA hard disk ke dua pada seting RAID 1 (mirroring). Masalah ini harus diatasi dengan perintah mode teks dan pengguna baru perlu sabar mencari penyelesaian melalui forum diskusi online Ubuntu.

 Screenshot error RAID 1

Namun pada Ubuntu code name Natty Narwhal versi 11.04 desktop AMD X64 release 28 April 2011 yang kami unduh di sini dan coba instal, masalah bug tersebut telah teratasi. Sejak menu installer muncul di layar, pilih partisi dan lanjut, lanjut antara 10-20 menit kemudian minta restart lalu Ubuntu dapat digunakan. Jika ingin update otomatis pada saat instalasi siapkan jaringan internet.

Spesifikasi instalasi Ubuntu 11.04 X64 tanpa masalah di komputer HDD 2x 640GB mode RAID 1, prosesor AMD Athlon II X4 635, RAM 6 GB.

Screenshot Spek

Kenyamanan sistem 64 bit

Puluhan aplikasi yang terinstal dibuka bersamaan di antaranya aplikasi pengolah gambar, perkantoran, hiburan, buka email, cetak dokumen, membuka puluhan gambar RAW ukuran puluhan MB, download internet (22,5 KiB/s), mendengarkan musik tanpa tersendat ketika aplikasi-aplikasi baru dibuka atau pindah dari aplikasi satu ke yang lain. Dari keempat inti prosesor tidak ada yang bekerja lebih dari 20%, dan RAM digunakan tidak lebih dari 2GB. Pengalaman nyaman seperti ini tidak diperoleh di sistem 32 bit.

Simpulan Ubuntu sistem 64 bit adalah pilihan yang halalan toyiban, murah  tapi mewah, dan legal dengan fitur segudang. Happy 64-bitting!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *