Tetikus Pena – Pen Mouse Review

Mouse atau tetikus adalah peranti penunjuk (pointing device) yang penggunaannya digerakkan seperti tikus yang sedang berjalan mengendus lalu tunjuk, klik, dan seret pada titik yang diinginkan. Pada waktu ditemukan pertama kali bentuknya juga mirip tikus yaitu dengan penghubung kabel menjulur yang mirip ekor tikus. Penggunaan tetikus semakin optimal sejak sistem operasi komputer berbasis grafik GUI (Graphical User Interface). Sistem operasi berbasis teks tidak terlalu banyak menggunakan tetikus, namun sejak berbasis grafik tetikus mutlak perlu, apabila tanpa tetikus akan mengurangi kenyamanan pengguna.

Pada saat jalan-jalan lihat Festival Komputer Indonesia di JEC bulan Juni 2011, melihat kesana-kemari tidak menemukan teknologi baru, ada satu hal yang menarik adalah tetikus pena (pen mouse) merk Genius. Bentuk maupun penggunaannya berbeda dengan jenis tetikus yang selama ini saya gunakan. Kenyamanan, sensasi yang berbeda, dan dapat mengurangi kebosanan menggunakan tetikus konvensional. Kelebihan lain, respon dan kontrol kursor yang lebih baik dibanding jenis mouse nirkabel/wireless biasa.

Paket tetikus yang dijual tersebut berisi CD driver instalasi untuk seting penggunaan tangan kanan atau kiri, perangkat tetikus penaterdiri dari  transmitter dan receiver 2,4 Ghz dengan koneksi model USB, baterai AAA alkaline, buku pentunjuk, mousepad, dan dompet penyimpan. Bagian koneksi USB yang di laptop dapat selalu ditancapkan apabila khawatir jatuh/hilang tanpa mengganggu kenyamanan ketika laptop disimpan atau dibawa karena bentuknya yang mungil.

Gambar di bawah

 

Pen Mouse

 

Ketelitian sensornya ada pilihan 400/800/1200 dpi dan mengubah pilihan resolusi cukup mudah dengan tekan empat detik. Jangkauannya hingga 10 meter dengan teknologi anti interferensi. Tombol ada tiga, tombol kiri 1 (tekan ke bawah), kanan 2, dan fungsi gulung layar 3 (scrolling). Apabila tidak digunakan tetikus penaotomatis modus tidur (sleep mode), saat tekan salah satu tombol langsung aktif.

Meskipun pada paket penjualan ada mousepad namun penggunaannya bisa pada segala jenis permukaan kecuali cermin/kaca, tidak memerlukan permukaan rata yang luas asal dapat memantulkan sinar merahnya. Jadi apa bila sedang presentasi lutut lagi gatal dapat beraksi dengan cara garuk-garuk  dengkul menggunakan fungsi tetikus penatersebut untuk memilih menu di layar komputer.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *