Kuliner Papua

Papeda sebagai salah satu makanan pokok Papua yaitu masakan dari tepung sagu yang disajikan dalam bentuk cair seperti bubur. Papeda biasanya disantap bersama sayur kuah yang berisi ikan laut atau air tawar.

Salah satu restoran di Papua yang menyediakan kuliner khas Papua dengan kombinasi masakan khas Manado adalah Restoran Yougwa yang terletak di tepi Danau Sentani, Papua dan juga dilewati ketika menempuh perjalananan dari  Bandara Sentani ke kota Jayapura. Pembeli dapat memilih menu ikan yang ditangkap dari Danau Sentani karena rasanya yang khas. Yaitu ikan gabus yang dimasak kuah kuning (woku), rica-rica atau digoreng dan dihidangkan bersama papeda atau nasi.

Sambil menikmati hidangan lezat dengan tambahan gratis tiupan semilir angin dari danau, udara segar, dan langit biru dapat diperoleh sepanjang tahun, menambah nikmatnya hidangan dan menjadi kenangan yang tak terlupakan. Keindahan alam Papua ibarat sepenggal tanah surga yang jatuh ke bumi dan memberi kenyamanan sepanjang masa para penghuninya. Sayangnya, biaya transportasi dari Pulau Jawa untuk menikmati semua keindahan di ujung paling timur Indonesia itu amat mahal sehingga menjadi hambatan para wisatawan.

Foto bawah “sepenggal surga” diambil dari bagian depan Restoran Yougwa.

 Jenis Makanan Pokok Papua lainnya.

Makanan pokok selain papeda (sagu) adalah keladi, umbi-umbian (petatas) dan beras. Umbi-umbian dimasak dengan cara direbus, sedangkan beras selain dimasak menjadi nasi ada yang disajikan dalam bentuk ketupat. Makanan tersebut disajikan dengan lauk ikan goreng, bakar atau daging yang dimasak tanpa kuah serta sayur daun pepaya.

Penjual makanan yang berjualan ketika kapal putih (Ngapulu, Sinabung) berlabuh di dermaga Biak Numfor Papua, Kuliner Papua.

 Ukuran ikan dan porsi paket nasi/ubi yang dijual, semuanya jumbo (besar) pasti sangat mengenyangkan perut.
 

Satu gagasan untuk “Kuliner Papua

  1. Dorothea Swarb

    Seperti yang kita ketahui bersama bahwa negara Indonesia adalah negara seribu pulau dengan dikelilingi oleh lautan, sehingga negara kita memiliki kekayaan di bidang kelautan yang sungguh sangat melimpah, maka dari itu kami sangat mendukung dan bersemangat sekali dalam membantu program pemerintah untuk mensupport serta mengembangkan perekonomian masyarakat Indonesia dengan meningkatkan hasil produksi laut.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *